Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

OBAT YANG AMAN PADA WANITA HAMIL


Bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan yang mungkin dapat menghilangkan keluhan sakit Anda tapii, mungkin obat tersebut dapat berbahaya bagi janin maupun bayi Anda. Apapun yang anda makan akan mempengaruhi janin dan bayi Anda termasuk apapun yang anda oleskan diluar tubuh Anda.

Dalam sebuah seminar dikatakan sekitar 60% ibu hamil dan menyusui menggunkan obat-obatan atau suplemen, banyak yang mengkonsumsinya pada trimenster pertama kehamilan.

Hal ini sangat berbahaya karena pada periode tersebut terjadi proses pembentukan organ (organosenesis). Zat aktif obat dapat masuk ke peredaran darah janin dan mempengaruhi proses pembentukan organ tersebut yang akhirnya akan menyebkan terjadinya kecacatan karena terganggunya proses tersebut.

Penggunaa obat sembarang pun, termasuk obat yang dijual bebas sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui, karena obat yang dikonsumsi ibu diseskresikan memlalui ASI yang diminum bayi sehingga menyebabkan kadar obar dalam tubuh ibu sama dengan kadar obat adlam tubuh bayi. Tentunya hal ini akan sangat membahayakan bagi si bayi.

Tidak semua obat berbahaya. Ada beberapa jenis obat yang terbukti cukup aman dikonsumsi baik selama hamil maupun selama menyusui. Diperlukan pemahaman mengenai obat yang relatif aman dan tidak aman agar Anda bisa menghundarinya selama periode kehamilan dan menyusui. Dengan demikian ibi hamil dan janin tidak dirugikan.

Hindari Antibiotik

Pemeberian antibiotik umumnya tidak diperbolehkan selama kehamilan dan menyusui. Jikan manfaat bagi ibu lebih besar daripada risiko yang ditimbulkan pada janin, antibiotik diperbolehkan untuk diberikan. Sebelumnya harus dipastikan bahwa ibu hamil benar-benar memerlukan antibiotik. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat antibiotik dan juga diperhatikan mengenai keamanan bagi janin itu sendiri.

Suplemen Untuk Ibu Hamil

Konsumsi suplemen juga perlu diperhatikan dan perlu pertimbangan matang. Konsumsi vitamin dan mineral tambahan yang berlebihan juga tidak bermanfaat dan berisiko terhadap ibu hamil dan bayi yang akan dilahirkan.

Hindari Aspirin

Aspirin terbukti menimbulkan gangguan proses tumbuh kembang janin. Selain itu, aspirin memicu komplikasi selama kehamilan. Bahkan, kandungan aspirin masih ditemukan dalam ASI. Tubuh bayi akan menerima 4-8% dosis aspirin yang dikonsumsi oleh ibu. Penelitina mengatakan bahwa bayi memilim ASI dari ibu yang mengkonsumsi aspirin berisiko untuk menderita Reye’s Syndrome yang merupakan suatu penyakit gangguan fungsi otak dan hati. Karenanya, hindari pemakaian aspirin, terutama selama trimester tiga, kecuali dianjurkan dokter.

Indeks Keamanan Obat pada kehamilan

Suatu pedoman berdasarkan kategori US FDA mengenai kemanan pemberian obat pada kehamilan. FDA mengkategori obat menjadi 5 kategori yaitu kategori A, B, C, D, X

Kategori A : Studi terkontrol pada wanita tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester berikutnya), dan sangat kecil kemungkinan obat ini membahayakan janin.

Kategori B : Studi terhadap reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi belum ada studi terkontrol yang diperoleh pada ibu hamil. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak didapati pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester 1 (dan ditemukan bukti adanya risiko pada kehamilan berikutnya)

Kategori C : Studi pada binatang percobaan memperlihatkan sdanya efek samping terhadap nanin( teratogenok atau embriosidal), dan studi terkontrol pada wanita dan binatang percobaan tidak tersedia atau tidak dapat dilakukan. obat pada kategori in boleh diberikan jika besarnya manfaat terapeutik melebihi risiko yang terjadi pada janin.

Kategori D : Terdapat bukti adanya risiko pada janin( manusia), tetapi manfaat terapeutik yang diharapkan mungkin melebihi besarnya risiko ( misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi kondisi mengancam jiwa atau penyakit serius bilamanan obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif)

Kategori X : Studi pada manusia atau binatang percobaan memperlihatkan adanya abnormalitas pada janin, atau terdapat bukti adanya risiko pada janin. dan besarnya risiko obat ini digunkan pada ibu hamil jelas-jelas melebihi manfaat teraoeutiknya. Obat yang termasuk kategori ini dikontrindikasikan pada wanita yang sedang atau kemungkinan hamil.

Obat Bebas

Risiko penggunaan obat bebas sering kali dilupakan oleh ibu hamil dan menyusui. Padahal kandungan zat aktif di dalamnya juga mengalami absorbsi, metabolisme, dan ekskresi.

Obat Bebas (OTC) yang Aman

  • Obat Alergi : Antihistamin seperti Benadryl dan Unisom. Obat. Obat hirup seperti nasalcrom
  • Anti mual : Vitamin B6 (maksimum 100mg/hari diminum 1/2 jam sebelum makan)
  • Pereda sembelit : Milk of magnesia. Amphogel, Metamucil dan Maalox
  • Pereda nyeri uluhati (heartburn) : jenis Antasida
  • Multivitamin : pilih multivitamin dengan rekomendasi disis tidak melebihi angka kecukupan gizi harian
  • Pereda nyeri : Acetaminophen atau paracetamol
  • Obat infeksi jamur : Myestatin/ nystastin
  • Obat batuk apa saja tanpa tamahan lain

Obat Bebas Yang Kurang Aman

  • Pereda Nyeri : Aspirin dosis lebih dari 81 mg, Ibuprofen, NSAID
  • Pereda sembelit : Minyak mineral

Obat Terbatas

  • Obat jerawat : Vitamin A oral dan Accutane
  • Obat radang sendi : Arthrotec
  • Pengencer darah : Warfarin yang dijual dengan merk Coumadin
  • Obat tekanan darah tinggi : ACE inhibitor
  • Misoprostol atau cytotec
  • obat anti kanker
77 Responses to “OBAT YANG AMAN PADA WANITA HAMIL”

  1. Dok sy hamil 10 minggu, lg batuk berdahak sdh 1 minggu! Obat nya apa ya dok? krn sy sdh mengkomsumsi obat alami tpi blm sembuh jg! Mhon bls secepatnya dok! By fatma ON

  2. dok, sy lg hamil 5 bulan. pas usia kehamilan 4 bulan sy kena cacar n sama dokter di resepkan obat acyclovir 400mg n salepnya. menurut dokter obat itu sy konsumsi sehari 5x selama 3 hari. setelah 3 hari sy sembuh. bintil2 yg muncul d tubuh sy seperti jerawat, bukan bintil yg ada airnya. sy sekarang sedang khawatir sekali dg kondisi janin sy krn dari informasi yg sy dpt, katanya ibu hamil yg kena cacar dpt berimbas ke janin (janin bisa lahir cacat). apakah benar dok? untuk mengetahui janin sy sempurna selama dlm kandungan bagaimana ya dok? apa yg harus sy lakukan agar janin saya sehat n tidak ada kelainan? terima kasih sebelumnya.

  3. apa ada akibat fatal bagi janin bila bumil minum amoxiallin hidryate?

  4. dok, saya baru hamil 6 minggu, tapi dari dulu ada alergi kulit gatal dan diberi salep dari dokter kulit, selama hamil beberapa kali muncul gatal saya beri salep yang sama bahannya inerson dan acsal cas. amankah untuk kehamilan?trimakasih responnya..

  5. selamat siang dok, begini saya ingin menanyakan apakah salep betametason-N aman untuk ibu hamil, krn sy skrg ini sdang hamil 31w6d dan pd aderah leher sy ada semacam herpes/gigitan tomcat sy kurang begtu pham…,dan sy disrankan menggunkaan salerp Betametason-N, apakah aman dok?
    mohon infonya…terima kasih…

  6. pagi dok
    istri saya sakit demam, batuk dan pusing,,,,,
    diatasi dengan obat sirup salex,,, analsik 250 mg dan parasetamol 500 mg diminum selama 3 hari … kira kira aman gak dok,,terima kasi sebelumnya dok, ditunggu jawabanya

  7. dok saya hamil 3bulan apakah saya bs minun amoxilin4x2 krna isk

  8. Dokter, saat ini saya hamil 18 weeks. dan saat ini selangkangan saya sering gata jadi di garuk dan meninggalkan bekas seperti pulau. obat/salep apa untuk mengeringkan luka tersebut karena kalau tidak kering gatal akan terus terjadi. terimakasih

  9. saya sedang hamil 11 minggu dan perut saya gatal sekali, saya menggunakan salep betason, apakah salep tsb aman untuk janin saya dok?

  10. dok, istri saya lg hamil 7 bln, 1 minggu terakhir istri sy mengeluh nyeri pd persendianx, sampai berdiri pun sdh sangat susah, obat apa yg ccok untuk penyakit istri sy dok, mhon petunjuk, tks….

  11. dok.mau tanya umur kehamilan saya uda 6bln sy lg mengalami batuk berdahak setelah itu sy konsumsi komik itu berbahaya pa ngk dok

  12. ass, , , dok istri sy lg hamil 4 bln dia seringkali nyeri ulu ati, apa s dok obat nyeri ulu ati yg aman buat bumil, mhon jwbn nya dari dok, sbelum nya trimkas.

  13. apakah obat jenis incidal aman untuk bumil?

  14. dok, apakah obat incidal untuk alergi gatal-gatal aman untuk wanita hamil?

  15. Dok..mau tanya hamil 6 bln ada panu yg masih belum sembuh,bs diobatin pake apa yg aman?skalian brandnya ya dok,kalau bedak daktarin?panu nya tidak gatal hanya masih membekas saja (susah hilang) walau dulunya sdh dikasih salep dan obat minum tp masih ada bercak putih.itu masih panu atau bekas yg ga mau hilang ya dok?thanks

  16. Dok sy hml pertama, sktr 34mgg. Krn sdh 2 ato 3hr tdk BAB,sy konsumsi vegeta herbal cm 1x aj it. Sy bc tdk ad tulisan kontra indikasi, bhya kh bwt janin saya?

  17. DOK saya hamil 16 minggu n sering sakit gigi,apakah asam mefenamat itu aman buat ibu hamil,mksh

  18. dok istri saya lg hamil 7bln terus dia kena alergi. yg pas obat nya pk apa ya

  19. dok, saya lagi hamil 34 minggu. sedang mengalami alergi, kemarin aku dikasih bidan pake betason-n. yang ingin saya tanyakan berapa kali sehari saya boleh menggunakannya untuk meminimalisir akibat bagi janin saya? dan untuk jangka waktu maksimal berapa hari saya boleh memakainya? terimakasih

  20. dok,, saya mau tanya saya sedang hamil 37 minggu. 2 minggu terakhir dikaki & tangan saya gatal2 yg semakin parah jika digaruk. saya sudah menggunakan bedak gatal2 tp tidak ada perubahan, akibatnya jika malam saya tdk bisa tidur krn gatal.
    kemudian saya konsumsi dexamethason 1 mg 1×1, selama 4 hari. tp krn khawatir bahaya saya stop. gimana dok, bahayakah buat janin saya? mohon pencerahannya..
    trima kasih.

  21. dari dulu saya suka sembelit biasa suka pake vegeta,,karna sekarang sedang hamil 2 bulan saya bingung makan obat apa saya coba kemarin adem sari aman ga ya,,,,trus bagaimana biar penyakitku hilang

  22. Dokter saya mau tanya. Saya sedang hamil satu bulan dan saya mengalami gusi bengkak dan saya berobat ke dokter umum. Dan diberi obat dexamethasone 0,75 mg . Amoxillin 500 mg. Dan pracetamol 500 mg. Apakah obat ini aman untuk saya. Mhon blsanya dokter terimakasih.

  23. dok ini referensi nya gak ada ta? tolong blz ya dok,,,,:)

  24. dok, mau tanya., saya sdg hamil 23 minggu, sktr 5hr yg lalu saya mengalami gatal2 di bagian sekitar mata (kelopak), dahi dan leher seperti alergi (sebelum hamil tdk ada riwayat alergi), apakah mungkin karena sdg hamil jadi lbh sensitif? krn mlm sblmnya saya mengkonsumsi otak2 ikan tenggiri. untuk mengatasi gatal saya menggunakan obat salep Benoson cream dan dua hr kemudian gatal2 sdh hilang., yg jadi masalah skrg setelah dua hari ini tdk menggunakan salep, tiba2 hari ini muncul bercak-bercak merah di bekas lokasi alergi seperti lebam, apakah berbahaya atau efek samping dr pemakaian cream tsb? apakah bisa hilang? dan apa sarannya obat yang baik dan aman untuk menghilangkan bercak-bercak tersebut. terima kasih sebelumnya atas respon dan sarannya.,

    • bisa ada 2 kemungkinan, pertama efek samping dari pemakaian cream benoson, kedua memang alergi di daerah tersebut blm sembuh benar, namun anda sudah menghentikan pengobatannya. saran saya, coba lanjutkan penggunaan cream benoson nya, jika bercak tidak hilang dan melebar, baru diganti cream nya, tentu saja untuk menentukan cream yang benar anda harus berobat ke dokter

  25. dok,,saya hamil 14 minggu,,saya memang bakat jerawat,tp sejak hamil jerawatnya benar2 banyak,sama dr,kulit saya dikasih sabun jerawat dan salep malam,,ktanya aman bagi ibu hamil.apa benar dok??

  26. Dok, saya sedang hamil 4bln dan sdh 1bln ini saya batuk tak kunjung sembuh, leher ini rasanya ada yg mengganjal. Awalnya saya minum obat tradisional seperti jeruk, kencur dan madu, reda sedikit tapi kambuh lg, kemudian saya minum obat OBH herbal. Apakah obat itu aman? Ada jg yg menyarankan laserin..aman n ampuh ga ya? Wkt saya konsultasi ke dokter kandungan saya tdk diberi obat batuk malah di sarankan tes darah untuk hepatitis dan diabet..Mohon saran nya dok. Terima kasih

  27. dok, saya sering seblum hamil sering m,inum obat alergi gatal “kalmethason 0.5, dexamethasone” soalnya kalo makan daging ato yang amis2 pasti lgsung gatal2, selama 2 bulan kehamilan pertama saya berhenti minum obat itu karna ragu obat itu aman ato tidak,,
    tpi gatal2 saya semakin parah, jadi sekarang saya minum obat itu lagi, skrg usia kehamilan saya sudah 4 bulan, bagaimana menurut dokter???

    • untuk obat alergi yang aman pada wanita hamil dapat menggunakan chlorpheniramin maleat. tp lebih aman lagi jgn mengkonsumsi segala bentuk makanan yg membuat anda alergi

  28. dok, saya sering seblum hamil sering m,inum obat alergi gatal “kalmethason 0.5, dexamethasone” soalnya kalo makan daging ato yang amis2 pasti lgsung gatal2, selama 2 bulan kehamilan pertama saya berhenti minum obat itu karna ragu obat itu aman ato tidak,,
    tpi gatal2 saya semakin parah, jadi sekarang saya minum obat itu lagi, skrg usia kehamilan saya sudah 4 bulan, bagaimana menurut dokter???

  29. Dok,sy mau tanya ≈Ўªãª≈ sy lg hamil anak ke2 anak pertama sdh berumur 10thn,dan melahirkan sc(operasi) karna katanya keracunan kandungan jd drhnya tinggi sampe 190 tp sekarang sy bs melahirkan normalkan? Trm kasih sebelumnya, novia tangerang

    • selama tidak ada gangguan seperti keracunan kandungan yang ibu alami pada kehamilan pertama, atau bayi nya besar atau gawat janin, masih bisa lahir normal

  30. dok aku hamil 2 bulan dan aku mengalami keputihan tapi tidak bau, dan gatal. obat apa yang cocok buat saya konsumsi thanx dok

    • keputihan pada wanita itu ada beberapa penyebabnya seperti jamur/bakteri, dan setiap penyebabnya mempunyai gejala klinis, konsistensi dan warna sekret/bau yang berbeda-beda, sehingga untuk mengobati nya kita perlu menentukan penyebabnya dulu, dan untuk menentukan pemeriksaan harus dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium terlebih dahulu. oleh karena itu saya sarankan ibu segera ke dokter spesialis kandungan ibu untuk mendapatkan pengobatan yang tepat

  31. dok saya batuk udah lebih dari 3 bulan dan kebetulan saya jg sedang hamil 20 minggu,udah berobat ke dokter kandungan dan di kasih obat batuk hitam tapi ngga ada perubahan,bahaya ngga obat batuk itu buat janin ..menurut dokter obat batuk apa yg cocok n tepat untuk ibu hamil sprt saya,n klaupun periksa lanjutan saran dokter periksanya ke spesialis apa???terima kasih….

  32. dok saya sudah hamil 7 bulan dan saya sering sekali sakit gigi dari awal kehamilan saya sering sakit gigi bahkan bengkak,saya sudah ke dr gigi dan dia memberi saya obat pereda yang saya pertanyakan apakah obat tersebut berbahaya bagi janin saya.trimakasih

  33. maaf, dok istri sya bru hamil 1 bulan, dan sekarang punya keluhan nyeri ulu hati, dan pegal2, saran dari dok obat yang aman dikonsumsi apa dok? trimakasih sebelumnya

  34. Cara menghilangkan jerawat…

    [...]OBAT YANG AMAN PADA WANITA HAMIL « Welcome To My Blog[...]…

  35. dokter,, saya mau kosultasi.. kakak saya yang sedang hamil trisemester I, tepatnya usia kehamilan sekarang 9 minggu… pada kehamilan 5 minggu dokter kandungan mengatakan bahwa jantung janinnya lemah..dan diberi terapi acetosal (aspirin).. dan kakak saya sempat mengkonsumsi acetosal selama 2 minggu..karena mersa tidak nyaman dengan menggunakan obat2an dikehamilan awal, akhirnya obatnya tidak dilanjutkan,, yang saya mau katakan, apakah acetosal yang kandungannya aspirin ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi pada kehamilan trisemester 1? trimakasih dok…

  36. dok sya lg hamil 4 bulan dan mempunyai jerawat,,sblum hamil gak ad jerawat,,obat ap yg cocok bwt ngilangin jerawat x ya?thanks

    • pada wanita hamil memang umum timbul jerawat, hal ini dikarenakan perubahan pada hormon. sebenarnya jerawat pada wanita hamil dapat hilang sendiri setelah melahirkan, sehingga tidak perlu diberikan obat2an. namun apabila jerawat tersebut sudah mengganggu, sebaiknya anda menggunakan obat2an topikal (oles) saja

  37. Dok saya sedang menyusui,,, dan mengalami jerawat yg membandel,, apakah ada obat yg aman untuk mengobati tersbut? Tlg blas ke email sy,thx

  38. dok saya punya kudis diperut bekas suledan.sampai skrng belum sembuh.tidak lama diketaui saya hamil.pada sebelumny saya mekomsumsi obat ampicilne.apakah aman buat janin saya,di kosumsi jangka panjang sampai kudis saya sembuh?

    • memang ampicillin aman untuk ibu hamil, tp sebaiknya jgn diminum jangka panjang, krn itu adalah antibiotik. untuk pengobatan kudis dapat digunakan obat topikal saja, untuk terapinya ibu dpt berkonsultasi dgn dokter

  39. dok istri saya hamil 7 bulan kondisi saat ini dia sedang batuk berdahak. apabila dia minum obat herbal batuk aman ga dokter. terima kasih sebelumnya

  40. dok,saya ibu menyusui.ada jamur di kulit saya (panu)dan itu sangat menganggu krna gatal padahal sebelum hamil nggak ada jamur di kulit saya.obat apa yang aman bagi saya ya dok.thank

    • untuk aman nya sebaiknya ibu menggunakan obat2an anti jamur yang berbentuk salep (topikal) untuk menghindari efek samping pada janin. saya rasa obat2an topikal untuk jamur banyak dijual di apotik2

  41. Dok, sy ibu menyusui,3 week stlah melahirkan ada dompo atau herpes d selangkangan. Obat or salep apa ya dok yg aman bwat sy? Oiya kl herpesny belum sembuh asinya diminumkan k bayi or stop dulu. Makasih ya dok

    • untuk terapi nya dapat menggunakan obat minum dan salep acyclovir selama 7 hari, namun untuk penjelasan lebih lanjut saya sarankan ibu berobat ke dokter saja, dan apabila sedang mengkonsumsi obat itu sebaiknya pemberian asi nya dihentikan dulu sementara

  42. oia dok,satu lagi,apakah obat rsdsng dsn flu yg kita konsumsi semasa hamil (dengan resep dokter) aman juga kita konsumsi saat menyusui?terimaksih

  43. dok,saya seorang ibu menyusui,saat ini bayi saya berusia 3,5 bulan,saya punya penyakit radang tenggorokan kambuhan dari tahun 2005,siklus kambuh sekitar2 sampe 3 bulan sekali,tapi sempat berhenti saat saya hamil,setiap kali kambuh badan jadi panas dingin hbis itu tenggorokan sakit dan selalu diakhiri dengan batuk berdahak yg parah dan tak kunjung sembuh,nah obat yg aman buat saya dan bayi saya apa ya dok?saya saat ini sudah tidak mengkonsumsi antibiotik juga,trimakasih-warmest regard

    • antibiotik yg aman pd wanita hamil hanya amoxicillin dan ampicillin, untuk obat batuk nya, dapat diberikan ambroksol, untuk panasnya dapat diberikan paracetamol.

  44. istri saya alegi dok,merah2 diseluruh tubuh,gk tau alergi apa.
    apa obat yg cocok untuk istri saya dokter??

    • untuk mengobati alergi kita harus tau dia itu alergi apa? pada wanita hamil memang kadang terjadi perubahan hormon dalam tubuh, sehingga kadang timbul ruam-ruam (bercak merah pada tubuh) tapi biasa nya setelah melahirkan akan hilang dengan sendiri nya. namun klo masih belum hilang juga, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit

  45. kmrn sy br aj tuning rambut tp udh 2 hr ni gtal2 dirambut gak hilang2, bahkan ditelinga jg muncul gatal2. kt org2 sih mungkin alergi dari obat tuning itu.yg sy tayakan obat apa yg aman utk sy konsumsi krn saat ini sy hamil . usia kandungan sy hmpir 6bln.

    • untuk pengobatan gatal2 nya sebenar nya saya harus melihat dulu apakah gatal2 nya disebabkan oleh jamur atau memang alergi untuk menetukan diagnosis dan memilih obat nya. saya sarankan sebaiknya ibu berobat saja ke dokter kulit atau dokter kandungan untuk mengobati keluhan ibu

  46. trim’s atas infox…….
    sangat bermanfaat sekali

  47. Kalau obt gatal2 krn alergi yg aman utk ibu menyusui gmn dok?

  48. klu obat gatel2 gmna?

  49. Ok deh pak Dokter! makasih sarannya. ini lagi menghitung hari hamil anak ke-2. he3. dah 38 minggu. doain ya! ^_^
    eh lo sekarang tugas dmn seh?

  50. ganong, klo obat batuk & obat jerawat yg aman buat bumil/menyusui apaan?


Leave a Reply

