Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL


PENDAHULUAN

Angina pektoris ialah sindrom klinis dimana pasien mendapat serangan sakit dada di daerah sternum atau di bawah sternum (substernal) atau dada sebelah kiri yang khas, yaitu seperti di tekan atau terasa berat di dada yang sering kali menjalar ke lengan kiri, kadang-kadang dapat menjalar ke punggung, rahang, leher atau ke lengan kanan. Sakit dada tersebut biasanya timbul pada waktu pasien melakukan suatu aktivitas dan segera hilang bila pasien menghentikan aktivitasnya.

Sakit dada pada angina pektoris disebabkan karena timbulnya iskemia miokard, karena suplai darah dan oksigen ke miokard berkurang. Serangan sakit dada biasanya berlangsung 1 sampai 5 menit, bila sakit dada terus berlangsung lebih dari 20 menit, mungkin pasien mendapat serangan infark mokard akut dan bukan disebabkan angina pektoris biasa. Pada pasien angina pektoris dapat pula timbul keluhan lain seperti sesak napas, perasaan kadang-kadang sakit dada disertai keringat dingin.

Penderita dengan angina pektoris dapat dibagi dalam beberapa subset klinik. Penderita dengan angina pektoris stabil, pola sakit dadanya dapat dicetuskan kembali oleh suatu kegiatan dan oleh faktor-faktor pencetus tertentu, dalam 30 hari terakhir tidak ada perubahan dalam hal frekuensi, lama dan faktor-faktor pencetusnya (sakit dada tidak lebih dari 15 menit). Pada angina pektoris tidak stabil, umumnya terjadi perubahan-perubahan pola: meningkatnya frekwensi, parahnya, dan atau lama sakitnya dan faktor pencetusnya. Sering termasuk disini sakit pada waktu istirahat, pendeknya terjadi crescendo kearah perburukan gejala-gejala. Subset ketiga adalah angina Prinzmetal (variant) yang terjadi karena spasme arteri koronaria.

AGINA PEKTORIS YANG TIDAK STABIL  (Unstable Angina Pectoris)

Yang termasuk kedalam golongan angina pektoris yang tidak stabil, ialah:

  • Angina dekubitus
  • Angina kresendo
  • Preinfarction angina
  • Angina pektoris yang timbul untuk pertama kali
  • Insufisiensi koroner akut

Angina pektoris yang tidak stabil dapat disebabkan oleh ruptur plak ateroklerosis, atau spasme, trombus atau trombosit yang beragresi.

DIAGNOSIS

Pada Anamnesis akan diketemukan berbagai hal, yaitu :

Faktor Presipitasi

Faktor presipitasi tidak begitu jelas, karena serangan sakit dada dapat timbul, baik pada waktu istirahat, waktu tidur, atau aktivitas yang ringan dan dibutuhkan nitrogliresin yang lebih banyak untuk menghilangkan angina ini.

Lama Sakit Dada

Lamanya sakit dada jauh lebih lama daripada angina biasa, bahkan dapat sampai beberapa jam.  Frekuensi angina jauh lebih sering dibandingkan angina biasa.

Elektrokardiogram

Pada pemeriksaan elektrokardiografi (EKG) lebih sering ditemukan adanya depresi segmen ST dibandingkan angina pektoris yang stabil.  Tetapi kelainan EKG pada angina yang tidak stabil masih reversible.

Evaluasi

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi pasien dengan angina pektoris yang tidak stabil sama dengan angina pektoris yang stabil.  Pemeriksaan uji latihan jasmani dianjurkan setelah keadaan klinis stabil dan pasien sudah tidak menderita sakit dada paling sedikit 24 jam.  Pemeriksaan EKG lebih sering menunjukkan adanya depresi segmen ST.  Uji latihan jasmani tidak selalu perlu dilakukan bila kelainan EKG sudah jelas.

PENATALAKSANAAN

Pasien dengan angina pektoris yang tidak stabil sering kali perlu dirawat di rumah sakit, karena kemungkinan timbul serangan infark jantung akut cukup besar. Pasien perlu pengobatan yang maksimal, istirahat di tempat tidur (bed rest), oksigen dan pemantauan EKG

Pengobatan medikamentosa dapat dibagi atas:

  1. Pengobatan pada waktu mendapat serangan angina pektoris
  2. Pengobatan untuk mencegah timbulnya serangan angina

Ad.1. Pada waktu mendapat serangan angina, obat yang paling baik sampai saat ini ialah preparat nitrogliserin atau derivatnya yang diberikan secara sublingual. Efek hemodinamik nitrogliserin berupa vasodilatasi perifer, sehingga mengurangi beban pada jantung dan mengurangi konsumsi oksigen oleh miokard.

Ad.2. Untuk mencegah timbulnya serangan angina dapat dipakai beberapa preparat, yaitu:

  1. Long acting nitrat, seperti isosorbiddinitrat, atau nitrogliserin dalam bentuk salep atau retard / sustained release.
  2. Obat-obat golongan penghambat beta adrenergik (b-blocker)
  3. Antagonis kalsium

Terapi tambahan dan tindakan tambahan

Disamping obat-obat biasa, akhir-akhir ini dianjurkan pemberian apirin pada penderita angina yang tidak stabil dan juga heparin. Bila pemberian obat-obatan tidak dapat mengendalikan sakit dada, perlu pertimbangan untuk dilakukan pemeriksaan arteriografi koroner dan kemungkinan dilakukan PTCA atau tindakan intervensi lain atau bahkan operasi bedah pintas koroner.

About these ads

6 Responses to “ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL”

  1. sya sering sesak nafas,dada terasa sakit hingga skitar 4 jam an lebih,mual, nyeri di bagian lengan kiri,kepala pusing,dan tubuh lemah itu gejala apa ya

  2. Sewaktu-waktu jantung saya berdebar dengan keras tanpa penyebab yang jelas, hingga pernah mencapai 18 jam lamanya. Pada saat berdebar itu hasil rekaman jantung menunjukkan grafik yang tidak beraturan. Dalam kondisi tersebut saya tidak mengalami sakit atau sesak didada, yang muncul hanya kecemasan dan rasa tidak nyaman, apalagi dalam kondisi tidur. Ketika terjadi detak jantung tidak beraturan, tekanan darah 140-90 dan denyut nadi saya mencapai 180/menit. Sementara oleh dokter jantung, saya di obati dengan Cordarone 200mg, trimetazidine 35mg dan clopidogrel 75mg, diharuskan mengkonsumsi ketiga obat tersebut bersamaan pagi hari seumur hidup. Penyakit jantung klasifikasi apakah yang saya alamin ini? Apakah benar penyakit ini harus diobati seumur hidup?

    • Hmm..utk mengetahui pykt jantung anda tipe apa, sy hrs melihat hsl EKG anda, krn hampir sebagian pykt jantung diagnosa pentingnya b’asal dr EKG (selain ekokardiografi jg). Tp klo diliat dr obat2an yg anda mnm,kemungkinan bsr pykt jantung yg anda derita adlh tipe aritmia (gangguan pd irama jantung). Sy pikir obat2an jantung itu tdk perlu diminum seumur hdp, namun obat2 penyebab gangguan pd jantung lah yg hrs diminum seumur hdp, spt misalnya obat darah tinggi, obat diabetes. Namun hal tsb dpt di bantu dgn merubah pola hidup & byk b’olah raga. Demikian jwb sy, smoga memuaskan

  3. Saya sering mengalami dadasakit sebelah kiri dan terasa sampe punggung,gigi,kepala,lengan,bahukadang hinggabuat saya sesak. apakah itu termasuk angina pektoris?

  4. saya sering mengalami nyeri dada dan menjalar hingga keseluruh tangan kiri saya…sampai2 saya tidak kuat untuk memegang selembar kertas…nyeri itu muncul kalau saya terlalu banyak pikiran dan capek.apakah itu gejala angina pektoris?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: