Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Transportasi Air


Kalimantan adalah pulau yang memiliki banyak sungai yang besar, khususnya di wilayah Kalimantan tengah tempat gw bertugas saat ini. Sedikit nya ada 57 sungai yang mengalir di wilayah Kalimantan, dan ada 8 sungai yang berada di wilayah Kalimantan tengah, itupun belum termasuk sungai-sungai besar yang melewati beberapa wilayah, seperti sungai barito yang melewati Kalimantan selatan dan Kalimantan tengah.

Dengan banyak nya sungai tersebut, maka moda transportasi yang paling utama disini adalah melalui air, meskipun seiring dengan kemajuan zaman dimana jalan-jalan dan jembatan sudah mulai dibangun, namun transportasi air baik dengan menggunakan kapal yang cukup besar seperti feri, speed boat sampai ke perahu kecil (klotok) masih banyak digunakan warga sampai saat ini.

Hal ini dikarenakan karena selain perahu-perahu kecil tersebut digunakan sebagai alat untuk mencari nafkah oleh sebagian besar masyarakat Kalimantan baik untuk mencari ikan, udang maupun untuk menambang pasir, transportasi melalui air juga dapat menghemat waktu dan jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain, karena dengan menggunakan jalur darat biasa nya kita memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan lewat air karena kadangkala jalan yang harus kita tempuh harus jauh memutar hanya untuk melewati jembatan yang melintasi sungai nya.

Para pengusaha-pengusaha batubara pun saat ini masih menggunakan sungai untuk mengangkut batubara dengan menggunakan tongkang-tongkang besar, meskipun memerlukan waktu sedikit lebih lama dibandingkan melalui jalur darat, namun biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan menggunakan angkutan darat seperti truk.

Alasan lain adalah karena masih banyak wilayah di Kalimantan tengah ini yang belum tersentuh oleh pembangunan jalan yang baik, bahkan yang sudah dilalui jalan pun masih banyak yang rusak dan berlubang di kanan dan kiri jalan, dan hal tersebut dapat menyebabkan kendaraan yang melalui nya bisa terjebak atau bahkan mengalami kerusakan.

Sering rusaknya jalan-jalan ini mungkin disebabkan karena kontur tanah di wilayah Kalimantan tengah ini yang sebagian besar terdiri dari rawa-rawa, sehingga menyebabkan kondisi tanah menjadi lebih lunak dibandingkan dengan tanah-tanah lain di Indonesia, apalagi jalan pun sering dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan container yang mengangkut sembako maupun bahan-bahan bangunan.

Menyusuri sungai-sungai di Kalimantan sebenarnya cukup menyenangkan juga, karena sepanjang aliran sungai kita disuguhi pemandangan-pemandangan yang indah, seperti hutan-hutan bakau dan perkampungan-perkampungan penduduk dipinggir sungai, seperti yang sudah gw tunjukkan di foto-foto pada cerita gw terdahulu.

 

Berikut foto-foto gw di salah satu pelabuhan sungai yang terdapat di kabupaten gw:

About these ads

No Responses to “Transportasi Air”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: