Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

TIPS MEMBUKA PRAKTEK PRIBADI / KLINIK DOKTER


Buat para TS yang ingin membuka usaha sendiri baik berupa praktek pribadi maupun klinik, gw akan mencoba memberikan sedikit info dan tips untuk TS sekalian

  1. KOMITMEN

Hal pertama sebelum membuat klinik dan praktek pribadi adalah komitmen…yaa komitmen adalah hal yang sangat penting dalam membuka usaha, karena sukses tidaknya suatu usaha itu adalah tergantung dari komitmen kita sebagai yang punya usaha, apakah kita ingin usaha kita itu maju atau begitu-begitu aja. dan satu hal lagi adalah semangat pantang menyerah, soalnya dalam membuka usaha gak akan selamanya untung terus pasti akan ada yang namanya jatuh atau rugi, nah disaat-saat itulah mental dan semangat TS diperlukan, tapi percayalah Allah SWT akan merubah nasib umatnya yg mau berusaha dan bekerja keras (kok jadi ceramah gini gw…)

  1. TEMPAT

Zaman sekarang memang banyak usaha yang gak memerlukan banyak tempat, bahkan tanpa memerlukan tempat sekalipun seperti misalnya bisnis online, anda hanya perlu seperangkat PC dan koneksi internet.

Namun untuk TS yang ingin buka tempat praktek maupun klinik sebisa mungkin harus diperhatikan kondisi tempat TS membuka usaha, karena seperti kata pepatah “posisi menentukan prestasi” (hehe….).

Sebisa mungkin usahakan tempatnya kalau bisa dipinggir jalan raya, ga usah di pinggir jalan raya protokol macam jln. Jendral Sudirman atau jln. Thamrin, cukup jalan-jalan alternatif di daerah TS aja, yang penting ramai dan dilalui banyak orang.

Kemudian usahakan juga tempat yang akan TS pakai ini adalah milik sendiri, soalnya kalo kita ngontrak apalagi misalnya kerjasama dengan pemilik bangunan, maka beban biaya yang akan kita tanggung cukup berat. (asumsi biaya kontrak bangunan ukuran 5×6 m di Jakarta ini adalah Rp. 600.000-Rp.800.000 tergantung lokasi)

  1. IZIN

Tentu saja dalam membuat usaha kita perlu izin, soalnya klo ngga bisa kena denda TS sekalian, minimal SIP lah untuk yang praktek pribadi, untuk klinik izinnya malah lebih banyak lagi seperti:

  • Izin dari puskesmas setempat (untuk pengolahan limbahnya juga)
  • Izin dari tetangga kanan, kiri, depan, belakang
  • SIP dokter penanggung jawab, dokter pelaksana dan perawat)
  • SIP apoteker jika klinik TS memiliki apoteker
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Untuk SIP sendiri jika TS mengurusnya sendiri maka biaya yang dikeluarkan sekitar Rp. 300.000 dengan rincian:

  • Rp. 50.000 untuk biaya pembuatan surat rekomendasi IDI (berlaku di tiap IDI wilayah)
  • Kemudian sekitar Rp. 150.000 untuk pengurusan di Sudinkes wilayah TS
  • Rp. 100.000 untuk biaya tak terduga (misalnya apabila TS membuka praktek di wilayah yang bukan domisili TS, maka rekomendasi IDI harus 2x, ditempat domisili TS dan di tempat TS membuka usaha).

Nah itu perkiraan pembuatan SIP saja, jika TS ingin mengurusnya sendiri, tapi jika TS ingin diurusin sama ”orang dalam” maka siapkanlah biaya antara Rp. 300.000-500.000.

Itu hanya untuk mengurus SIP saja loh, biaya akan bertambah jika TS ingin membuka klinik, karena syarat-syaratnya pun lebih banyak, tapi jika TS nggak mau riber ngurus itu semua dan ingin mempercayakan urusannya sama ”orang dalam” maka siapkanlah dana sebesar Rp. 1.000.000-1.500.000, dijamin langsung beres, TS tinggal tanda tangan dan persiapkan dokumen-dokumennya aja.

  1. ALAT-ALAT

Alat-alat disini bisa bermacam-macam, dari mulai alat-alat penunjang di tempat praktek TS seperti tempat tidur, meja, kursi, dispenser, TV, AC, lemari, kipas angin, tempat sampah, ember dll. Untuk alat-alat ini TS mungkin perlu biaya antara Rp. 3.000.000-5.000.000 tergantung jumlah alat yg TS inginkan dan merk nya.

Untuk biaya pembuatan plang nama sendiri berkisar antara Rp. 600.000-1.000.000 (sudah termasuk biaya tiang penyangganya juga) tergantung jumlah plang nama yang mau dipasang.

Alat-alat yang lain adalah perlatan medis, seperti stetoskop, tensimeter, termometer, senter, palu refleks, timbangan, nebulizer, couter (untuk sirkumsisi), comb, bengkok, minor set dll. Untuk alat-alat ini TS mungkin memerlukan biaya sekitar Rp. 1.000.000-2.500.000 tergantung jumlah alat dan merk nya.

  1. OBAT

Nah persiapan berikutnya adalah obat-obatan. TS tidak perlu bekerjasama dengan retailer ataupun perusahaan obat dulu, cukup beli saja obat-obat generik ber merk yang dijual bebas di pasar pramuka maupun di pasar kramat jati, harga nya pun cukup murah, dan mutunya pun tidak kalah dengan obat-obat paten yang di jual di apotik-apotik.

Biaya yang harus TS persiapkan untuk obat ini adalah sekitar Rp. 3.000.000-5.000.000 tergantung dari banyaknya jumlah obat yang TS beli (untuk permulaan beli aja 1 box dulu tiap jenis obat) dan merk obatnya.

  1. MAINTENANCE

Nah persiapan yang terakhir adalah TS harus mempersiapkan biaya untuk penyelenggaraan klinik atau praktek TS, seperti biaya listrik, air, asisten dan pajak tentunya (jika tempat milik TS sendiri). Asumsi biaya adalah :

    • Asisten/pembantu : Rp. 300.000-600.000 tergantung dari pekerjaan dia, apakah hanya bersih-bersih tempat praktek/klinik TS atau ikut juga membantu TS dalam menangani pasien (administrasi, meracik obat – red). Biaya akan lebih besar bila TS menggunakan orang kesehatan, semisal perawat atau bidan yang baru lulus, yaitu sekitar Rp.800.000-1.300.000 tergantung kemampuan finansial TS menggajinya hehehe…. itupun belum termasuk biaya izin apoteker yang TS pakai bila TS mempunyai apotek di tempat TS (sekitar Rp. 1.000.000-1.500.000/bulan. Tergantung nego TS dengan si apoteker)
    • Listrik : minimal adalah Rp. 400.000-600.000 dengan adanya AC, TV dan dispenser atau kulkas. Biaya akan lebih murah tanpa benda-benda tersebut (yaiyaalaaaah…)
    • Air : apabila TS menggunakan air PAM, maka siapkan lah biaya Rp.200.00/bulan, namun bila tidak dan TS menggunakan mesin pompa air, maka biaya akan masuk ke dalam tagihan listrik TS, biaya akan lebih murah jika TS menimba air sendiri dari sumur hehehe….
    • Biaya setoran ke dinkes setempat (untuk klinik) tergantung dari kebijakan wilayah masing masing (Rp. 200.000-500.000/bulan).

Nah saya rasa sekian beberapa tips dan sedikit bayangan tentang biaya yang mungkin akan TS keluarkan saat TS membuka praktek pribadi maupun klinik. Semoga bermanfaat

About these ads

77 Responses to “TIPS MEMBUKA PRAKTEK PRIBADI / KLINIK DOKTER”

  1. ass… dok saya berencana mau buka polyklinik di garut tapi saya kebingungan mencari dokter yang mau bekerjasama, bagaimana caranya ya? wss

  2. ngapunten sy sedang membangun klinik rawt inap pratama. tp sampe sekarang belum dapat dokter umum satu lagi sebagai pelakasana. lainnya sudah komplit mohon masukan dan infonya

  3. brpa lma pngalaman krja yg d terapkn untuk bka klinik bidan????

  4. mohon maaf sebelumnya..saya bukan seorang dokter tetapi diberi kepercayaan untuk mengurus sebuah klinik..sampai saat ini sudah berjalan -/+ 8bulan. dan sementara baru berjalan 12 jam mulai jam 10.00 – 22 .00.. saya memerlukan dokter umum yang mungkin bersedia dan dapat berpartisipasi di klinik kami..sekiranya dapat memberikan informasi tentang ini saya sangat berterimakasih..

  5. Maaf dokter skalian, mau info aja. Kalau UU BPJS itu membuat asuransi seperti askes, gakin, jamkesmas, jampeltas menjadi satu pintu dan itu hanya berlaku di rumah sakit pemerintah (e.g. RSCM, RSU Fatmawati, etc) tetapi untuk klinik pribadi tidak dpt mengcover pasien jaminan tersebut sehingga pasien yg datang ke klinik tetap harus membayar normal sesuai dengan harga yg di tetapkan oleh klinik yg bersangkutan, dan juga selain BPJS ada KJS (kartu jakarta sehat) itu juga tidak berlaku di klinik umum, semua jaminan yg di keluarkan pemerintah hanya berlaku untuk rumah sakit pemerintah saja. Sekian informasi dari saya

  6. Selamat malam dokter, saya ingin menanyakan tetang izin reklame atau plang dokter yang diperbolehkan sesuai ketentuan profesi kita. Dan sumbernya dari mana ya? Saya ingin tahu karena saya baru2 ini akan membuka prektek pribadi. Terima kasih dokter.

  7. Dok, saya mau tanya apakah dokter dengan STR sementara (masih mengikuti program internship) dapat menjadi dokter pelaksana dalam suatu klinik? BTK

  8. Dok bs mnta info org dlm untuk ngurus SIP dn buka Klinik..?
    Sy bru sk slsai ngurus surat dri kjaksaan negri untuk buka praktek untuk kk sy..
    Trims

  9. dok katanya dengan adanya BPJS itu,praktek pribadi akan dlarang,bnar g y?

  10. dok klo UU BPJS itu bagi dokter gigi seperti apa y?trimakasih

  11. Selaamat malam dokter..
    Saya mau bertanya nih, saya seorang perawaat, setelah resign dari salah satu RS, saya rencananya mau buka klinik kecantikan.. Kalo untuk klinik kecantikan saya perlu di dampingi oleh DPJP? DPJPnya harus yg spesialis atau tidak?
    Terima kasih sebelumnya :)

    • hmm…maaf untuk hal ini saya kurang begitu tau, tapi yang pasti untuk membuka klinik perlu DPJP, namun saya kurang tau kalau untuk klinik kecantikan apakah DPJP nya harus spesials kulit atau cukup dokter umum

  12. maaf dokter, mau tanya nih.. Kalau buka praktek mandiri tempatnya semacam rumah kontrakan yg berjejer di pinggir jalan bisa gak ya. Makasih

  13. klo sy mau membuka tempat praktek tp di dlm nya dr dan drg itu msh bisa dikatakan praktek pribadi ato dah termasuk klinik?

  14. maaf klo untuk buka praktik bidan sulit nda ya? soalnya saya dgr2 dr sepupu sy yang bidan urus perizinannya susah banget.. mohon infonya ya.. trimz..

  15. maaf, numpang tanya, kalo dokter orang luar negeri gimana ya? mau izin buka klinik atas namanya sendiri! trims catur

  16. Reblogged this on Galihnurismiyati.

  17. diluar negri hususnya eropa lebih suka back to nature

  18. saya mau buka pengobatan tradisonal ijinya gimana

  19. sy bukan dokter ato paramedis, sy bisa buka praktek dokter?trimakasih jawabannya syukron

  20. kalau ingin buka praktek dokter tapi dokter penanggung jawbnya orang lain boleh ya … krn sy bukan dr medis

  21. informatif dan entertaining. hehe nimba air sendiri ckck.
    dok, kl mau buka praktek pribadi boleh skalian apotek lab ga? izinnya gmn tu dok?
    thanks ya dok

  22. Terima kasih Tips nya, sangat membantu sekali.

  23. Boleh tau “orang dalam” nya?
    Saya mau buat praktek pribadi di jakarta pusat, daerah Salemba.

  24. kalau ners mau buat klinik atau praktek sendiri gimana?

  25. Dear, apakah mendirikan klinik harus IMB usaha (ruko) atau bisa dgn IMB tempat tinggal (rumah). Terima kasih atas pencerahannya.

  26. Mantap gan, ane kepengen banget nich buka klinik, tapi ane mo cari modal dulu bekerja keluar negri …
    Seperti jepang dan ke qatar, kayaknya dsna lumayan gan, 62jt/thn …
    Kayaknya menjanjikan ne gan, karena skg tampak angka penganguran, jadi kita buka praktek ajaa bagusnya, bekerja sama dg dokter, apoteker, perawat, bidan …

  27. mau tanya …. saya bekerja sama dengan dokter mau bikin klinik rawat inap,masalah perizinannya sedang di proses,survey tempatpun sdh dilakukan pihak dinkes u/ perlengkapan katanya sudah lengkap tinggal 1 lagi menyediakan AMBULANCE,yg mnjadi pertanyaan saya,apakah AMBULANCE ini trmsk kdlm persaratan bikin KLinik???yang saya tahu Qta kan sdh MoU sama Puskesmas jd u/ mslh AMBULANCE saya rasa bukan salah satu persaratannya,..saya mohon mnta penjelasannya,..Trim’s

    • maaf dok, untuk soal perizinan klinik sy kurang tau, pakah butuh ambulance atau tidak, sy hanya pernah membuka praktek pribadi. jd sy kurang tau apakah utk membuat klinik perlu ada ambulance atau tidak

    • berdasarkan peraturan kemenkes, klinik rawat inap harus kudu wajib menyediakan ambulance.. * baru baca peraturannya soalnya :D

    • Maaf kalau saya ikut nimbrung nih..
      kebetulan saya sudah 2 tahun berkecimpung di klinik sampai sekarang bisa buka klinik sendiri
      dulu saya juga pernah mengurus perizinan Klinik Ranap dan memang salah satu point nya mengatakan bahwa sarat mendirikan Klinik Ranap harus menyediakan Ambulance..

      CMIIW

  28. Ass Wr Wb mau tanya …. saya bekerja sama dengan dokter mau bikin klinik rawat inap,masalah perizinannya sedang di proses,survey tempatpun sdh dilakukan pihak dinkes, u/ perlengkapan katanya sudah lengkap tinggal 1 lagi menyediakan AMBULANCE,yg mnjadi pertanyaan saya,apakah AMBULANCE ini trmsk kdlm persaratan bikin KLinik???yang saya tahu Qta kan sdh MoU sama Puskesmas jd u/ mslh AMBULANCE saya rasa bukan salah satu persaratannya,..saya mohon mnta penjelasannya ,..Trim’s

  29. ass…mo tanya,…saya bekerja sama dengan dokter mo bikin klinik rawat inap,masalah perizinan sedang di proses,survey tempatpun sudah d lakukan pihak Dinkes,perlengkapan katanya sudah lengkap tinggal menyediakan AMBULANCE,yg menjadi pertanyaan saya, apakah AMBULANCE itu masuk ke persaratan bikin KLinik ??…trim’s sblmnya

  30. Salam sejahtera, saya hendak membuka praktek pribadi. Bbrp hari lg akan datang petugas puskesmas yg akan melihat ruang praktek saya. Kira2 syarat minimal ruangan praktek tuh apa ya? Barang2 apa yang minimal harus ada? Selain bed periksa dan meja tentunya.. Apa didalamnya hrs ada alkes spt kassa, perban dan minor set? Trims sebelumnya..

    • hmm. saya kurang tau ya apa yg akan disurvey oleh petugas puskesmas, krn saya sendiri blm pernah disurvey mereka, tp yg pasti klo kita mau disurvey kita hrs melengkapi surat2 izin kita terlebih dahulu

  31. ass.wr.wb. mau nanya,..kalo kita buka praktek pribadi, memangnya boleh kita kasi obat langsung ke pasiennya juga? apakah nanti akan ada sidak dari dinkes/sudinkes ? bukannya kalo mo netok obat juga mesti ada ijinnya. sori ya kalo aq salah soalnya baru mo buka praktek pribadi nih…takut juga berurusan sama masalah hukum =)
    makasih yaaaa

    • saya sudah pernah menanyakan kepada IDI wilayah di tempat saya membuka praktek, dan jawaban ketua IDI nya sendiri adalah kita diperbolehkan menyimpan obat2an untuk praktek pribadi asal bukan obat2an racikan

  32. Ass..mau tanya,, kalau ingin buat praktek pribadi gimana yah cara/syarat ngurusin perijinannya? (gimana cara2 buat bikin sip nya/langkah2 bwt bikin sipnya) masihh butaa bgt ngurus2 sip,, makasie ya sblmny

    • 1. kamu harus terdaftar sebagai anggota IDI wilayah di tempat kamu berdomisili, setelah terdaftar lalu kamu membuat surat rekomendasi pembuatan SIP
      2. Seandainya kamu sudah terdaftar sebagai anggota IDI di wilayah kamu dan kamu ingin membuat tempat praktek di luar wilayah domisili kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah meminta rekomendasi izin praktek ke IDI wilayah kamu, lalu kamu ke IDI wilayah tempat kamu akan praktek dan meminta rekomendasi pembuatan SIP
      3. Setelah surat rekomendasi selesai maka kamu langsung saja ke Sudin Kesehatan wilayah kamu untuk pembuatan SIP

      • Makasie kk ats pnjelasanny,, maaf mau tny lg ttg sip,, aq kan bru dpt str truz disitu ada 3 ftokopian legalisir bwt bikin sip,, skrg 1 mau aq pke buat praktek pribadi,, nah apa sip itu ada pembagiannya mis buat di rs/klinik gitu? Truz klo misalny aq mau praktek di rs n di wilayah yg sama dgn sip praktek pribadi ap harus bikin sip lg?

      • STR dapat digunakan di setiap tempat praktek seperti RS, puskesmas ataupun klinik. pada prinsipnya 1 STR hanya untuk 1 tempat praktek, jadi walaupun kamu mempunyai 2 tmp praktek di 1 wilayah, tetap hrs menggunakan 2 STR. terima kasih

  33. asalamualaikum
    kalau kita membuka praktek pribadi
    misalnya peraktek bidan dan perawat apakah bisa dalam 1 tempat peraktek, dan apakah sip ya juga mesti dua2 y ada.
    atau bisa saja pakai surat izin bidan saja?
    terima kasih

  34. sy mau mengembangkan usaha di bidang kesehatan renc mau buat klinik rawat inap dan RB tapi masih bingung untuk menentukan tarif n penjadwalan paramedisnya, sy mau mulai yg sederhana dulu…mohon petunjuk ya… tx

  35. Trimakasih infonya sangat membantu. Saya mau tanya, untuk praktek pribadi apa bisa kita ngasih obat langsung (serahkan obat ke pasien) gak melalui apotek?

  36. mohon infonya, apa perbedaan praktek pribadi dan klinik? terima kasih.

    • praktek pribadi hanya menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan secara pribadi, tidak bisa bekerja sama dengan berbagai perusahaan atau asuransi, sedangkan untuk klinik dapat melakukan itu, pada klinik juga diperlukan struktur organisasi seperti penanggung jawab klinik dan perawat & dokter pelaksana, sedangkan untuk praktek pribadi hanya perlu 1 orang dokter saja. pada pembuatan surat izin nya pun berbeda, pada praktek pribadi biasa nya lebih simple dan tidak terlalu banyak syarat yang harus dipenuhi, sedangkan untuk klinik syarat nya agak banyak

  37. TS, apa benar jika ingin urus SIP praktik pribadi pegawai Dinkes sampai datang ke lapangan buat check perlengkapan alat2 praktik kita? Saya tinggal di DKI jakarta…

  38. assalaamu’alaykum wr.wb, blog yang bagus dan informatif….! Numpang tanya ya…kalau mendirikan klinik apakah harus seorang dokter atau boleh seorang paramedik atau pendidikan selain dokter? Terima kasih sebelumnya ya.. Wassalaamu’alaykum wr wb…

  39. klo u praktek pribadi,,,,,tempat prakteknya di survey dl ama dinkes ga? ijinnya cukup SIP aja ya……

  40. itu biaya survey sendiri atau copas ?? saya buat klinik dan gaji pegawai lebih dari itu….

    • itu saya buat sendiri, tapi baru buat praktek pribadi, belum klinik, informasi tentang klinik saya dapat dari temen saya yang juga sedang membangun klinik

      • Maaf sy mo nanya, kebetulan sy praktek pribadi dah jalan,,
        skr kan bnyak aturan br,, Klinik, BPJS n sgla macam,,
        bgm dgn aturan praktek pribadi? mungkin Mas pernah dengar, apakah ada aturan baru ato hr gmn, kebetulan sy tinggal di daerah….

      • untuk BPJS saya sendiri belum banyak mengetahui nya ya, lagian UU nya masih di godok di DPR bukan? launchingnya aja rencananya 2014. yah mudah-mudahan saja, UU BPJS berpihak kepada dokter umum seperti saya ini hiks…hiks… ;-(


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: