Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

MENOPOUSE


PENDAHULUAN

Sampai akhir abad ini di Indonesia akan dijumpai sekitar 8-10 % lansia dan wanita akan lebih banyak dibandingkan dengan kaum pria. Kesehatan mereka harus mendapat perhatian, oleh karena mereka telah berjasa sepanjang pengabdiannya, sehingga tercapai kebahagiaan serta kesejahteraan.

Dalam perjalanan hidupnya seorang wanita yang mencapai umur sekitar 45 tahun, mengalami penuaan indung telor,sehingga tidak sanggup memenuhi hormone estrogen, system hormonal seluruh tubuh mengalami kemunduran dalam mengeluarkan hormonnya, kemunduran pada kelenjer tiroid dengan hormon tiroksin untuk metabolisme umum. Kemunduran kelenjar paratiroid yang mengatur metabolisme kalsium. Terdapat peningkatan hormon FSH dan LH. Perubahan pengeluaran hormon menyebabkan berbagai perubahan pada fisik dan psikis.

Sudah merupakan hokum alam, bahwa setiap manusia akan menjadi tua. Proses penuaan itu sebenarnya terjadi sejak manusia dilahirkan dan berlangsung terus menerus sepanjang kehidupannya. Proses penuaan pada wanita berlangsung lebih dramatis,terutama karena adanya beban proses reproduksi dalam kehidupan.

Menopause sering diartikan sebagai titik awal menurunnya fungsi seorang wanita,kehidupan menjelang dan setelah menopause inilah yang sering disebut sebagai masa senja dalam usia kehidupan wanita atau klimakterium. Dalam usianya ini seorang wanita telah mencapai kematangan hidup, oleh karena itu masa tersebut dapat disebut pula sebagai usia maturitas.

Menurut batasan badan kesehatan dunia (WHO) yang dimaksud dengan sehat adalah keadaan benar-benar sehat fisik,mental dan social dan bukan hanya keadaan bebas penyakit atau kelemahan.

Agar supaya kehidupan usia maturitas berlangsung dalam kepuasan akan kebahagiaan dan kesejahteraan maka perlu adanya persiapan sejak dini untuk menjaga kesehatan. Disamping menjaga kesehatan kita perlu juga mengadakan persiapan terhadap

datangnya masa klimaterium/menopause. Salah satu persiapan yang penting adalah dengan mengenal apa, mengapa dan bagaimana bagaimana sebenarnya kejadian pada masa klimaterium itu.

Perubahan Kejiwaan

Perubahan kejiwaan yang dialami seorang wanita menjelang menopause meliputi merasa tua, tidak menarik lagi, rasa tertekan karena takut menjadi tua, mudah tersinggung, mudah kaget sehingga jantung berdebar, takut tidak dapat memenuhi kebutuhan seksual suami, rasa takut bahwa suami akan menyeleweng. Keinginan seksual menurun dan sulit mencapai kepuasan (orgasme). Mereka juga merasa tidak berguna dan tidak menghasilkan sesuatu, merasa memberatkan keluarga dan orang lain.

Perubahan Fisik

Pada perubahan fisik seorang wanita menglami perubahan kulit, lemak bawah kulit berkurang sehingga kulit menjadi kendor. Kulit muah terbakr sinar matahari dan menimbulkan pigmentasi dan menjadi hitam. Pada kulit tumbuh bintik hitam. Otot bawah kulit muka mengendor sehingga kulit menjadi kering dan keriput. Perubahan metabolisme tubuh ditandai dengan menurunnya pengeluaran hormon tiroksin dan insulin, pembakaran dan keperluan tubuh menjadi menurun. Untuk dapat menyesuaikan penurunan metabolisme dilakukan perubahan pola makan.dan disesuaikan dengan kebutuhan. Bila pola makan tetap libral seperti umur 30 tahun. Maka kelebihan bahan nutrisi akan disimpan dalam bentuk lemah dan gula. Akibatnya akan terjadi kegemukan,dimana deposit lemak terdapat pada bokong, payudara, dan perut.kelebihan gula (makanan yang mengandung banyak gula) dapat menyebabkan gangguan metabolisme gula yang akan menjurus pada penyakit kencing manis (diabetes mellitus) perubahan pola makan dianjurkan menjurus kearah makanan yang mengandung banyak serat, juga terjadi perubahan pada kerja usus halus dan besar, menurunnya estrogen dapat menimbulkan perubahan kerja usus menjadi lambat. Kemampuan mereabsorbsi sari makanan makin berkurang.kerja usus halus dan besar yang lambat menimbulkan gangguan buang air besar berupa obstipasi.  

Perubahan system jantung dan pembuluh darah terjadi karena adanya perubahan metabolisme, menurunnya estrogen, menurunnya pengeluaran hormon paratiroid, hubungan emosi dengan system ini menimbulkan jantung mudah berdebar. Meningkatkan hormon FSH dan LH dan rendahnya estrogen dapat menimbulkan perubahan pembuluh darah. Melebarnya pembuluh darah pada wajah, leher, dan tengkuk menimbulkan rasa panas yang disebut “ hot fluses “ badan terasa panas. Penimbunan kolesterol pada pembuluh darah menimbulkan penyakit jantung koroner.

Perubahan yang terjadi pada alat genitalia meliputi liang senggama terasa kering, lapisan sel liang senggama menipis yang menyebabkan mudah terjadi infeksi (infeksi kandung kencing, infeksi liang senggama). Daerah sensitif makin sulit untuk dirangsang. Saat hubungan seksual dapat terasa nyeri (dispareunia), sulit mencapai orgasme, lemahnya penyangga alat kelamin bagian dalam menyebabkan terasa kurang enak sekitar liang senggama. Liang senggama terasa turun (menonjol dalam bentuk tonjolan kandung kencing (sistokel), tonjolan dinding bagian belakang (rektokel) dan mulut rahim terbuka, kepuasan berkemih dan buang air besar semakin berkurang, seolah olah masih terdapat sisa.

Menghadapi perubahan turunnya hormonal, seorang wanita dapat menunjukkan respon berupa mereka siap menghadapi perubahan sebagai prose alami atau mereka gelisah menghadapi perubahan sehingga menimbulkan berbagai gejala psiklogis dan gejala klinis dan memerlukan perawatan dan pengobatan. Kendati pun terdapat penurunan pengeluaran hormon , namun sebagian kecil estrogen dibentuk dengan jalan “ aromatisasi “ oleh sisa kelenjar indung telor, kelenjar anak ginjal, dan jaringan lemak bawah kulit didaerah bokong.       

No Responses to “MENOPOUSE”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: