Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

SHORTCUT


22 februari 2010

Setelah pulang dari mengikuti pelatihan hiperkes di sebuah kampus di daerah cikini, saya sempat mampir ke tempat kerja dua orang teman saya di sebuah pusat pendidikan bahasa asing di daerah menteng, lalu salah satu teman saya menceritakan pengalaman menarik nya hari ini, yaitu menangkap basah seseorang yang mau ujian tes bahasa asing, namun dia menggunakan jasa joki….

Yaaaahhh…cara-cara curang seperti ini memang masih banyak dilakukan orang untuk mencapai tujuannya. Contohnya dapat kita liat pada ujian UMPTN, banyak calon mahasiswa yang menggunakan joki untuk mendapatkan kursi di universitas yang dia inginkan, bahkan pada ujian CPNS pun ada juga yang menggunakan cara ini untuk lolos ujian.

Gimana negara ini bisa maju kalo pemuda dan aparat negaranya aja menggunakan cara yang curang untuk lulus ujian??

Namun, walaupun sudah sering ada yang tertangkap basah menggunakan jasa joki, namun tidak juga menciutkan nyali seseorang untuk menggunakan cara haram ini.

Jadi begini ceritanya…

Ada salah seorang calon peserta ujian (seorang wanita berumur 46 tahun) yang akan melakukan tes bahasa asing, beberapa hari sebelumnya dia mendaftar untuk tes dengan didampingi oleh guru bahasa asing pribadinya, padahal tujuan dia mengikuti tes itu adalah untuk dapat menikah dengan seorang warga negara asing loh….

Emang agak aneh juga sih, mau nikah aja pake harus lulus tes bahasa dulu, kaya mau melanjutkan pendidikan aja hehehe….

Nah pada hari H ujian si ibu itu datang bersama dengan gurunya itu. Cara menipunya pun cukup rapi, dia mengganti foto di KTP nya dengan foto guru nya tersebut lalu di laminating (keren juga caranya).

Namun, sepandai-pandai nya tupai melompat pasti jatuh juga, bangkai serapat-rapat nya ditutupi pasti akan kecium juga bau nya.

Jadi pada saat ujian sudah dimulai si ibu berniat pergi dari pusat pendidikan itu, namun dia terlihat oleh salah satu staf yang juga teman saya, teman saya yang curiga kenapa si ibu pergi keluar pada saat ujian tengah berlangsung lalu mengecek ke kelas tempat dilangsungkannya ujian, nah ketauan deh ternyata yang berada di meja ujian si ibu tersebut dan sedang mengerjakan soal bukanlah dia, melainkan gurunya!!.

Singkat cerita akhirnya dia dan gurunya pun dihukum, disuruh buat pernyataan dan KTP kedua orang itu ditahan. Si ibu juga dihukum tidak dapat melakukan ujian disana selama 1 tahun, kemudian di blacklist oleh kedutaan negara asing tersebut dan tidak boleh menikah dengan salah seorang warga negara nya.

Kasian juga sih, gara-gara curang ga jadi kawin deh dia ama si expat hehehe….

Kita dapat mengambil pelajaran dari kisah diatas :

  1. Jangan pernah menggunakan joki saat ujian!! Mending nyontek aja hihihi…
  2. Kalo toh kita emang terpaksa kita pake joki untuk ujian, kalo bisa kita gak perlu dateng juga ke tempat ujian nya biar ga ketahuan!!! Hehehe…
  3. Jangan menikah dengan warga negara asing….ribet euy, pake tes segala, tapi kalo udah kebelet, mending nikah siri aja, mumpung RUU nya belum disahkan hehehe…

No Responses to “SHORTCUT”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: