Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

BALADA FACEBOOK


Facebook adalah situs jejaring sosial di dunia maya yang diciptakan oleh seorang pemuda amerika bernama Mark Zuckerberg. Situs ini dirilis pada tanggal 4 februari 2004. situs ini memang efektif untuk membuka link pertemanan dengan siapapun, kapanpun di seluruh dunia.

Situs ini sangat dahsyat dalam membangun sebuah opini dan solidaritas publik, lihat aja misalnya kasus prita mulyasari dan Bibit-chandra yang menghebohkan dan mendapat respon yang luar biasa dari para pengguna facebook.

Situs jejaring sosial seperti facebook ini pun bisa dimanfaatkan untuk berbagi ide dan mencari teman, bahkan dapat juga digunakan untuk ber bisnis.

Bahkan dunia pendidikan pun memanfaatkan facebook untuk interaksi antara guru-siswa dan orangtua siswa, namun apakah facebook dan situs pertemanan lain macam twitter, myspace dll. Senantiasa aman digunakan dan tidak berdampak negatif?

Saat ini penggunaan facebook sudah mulai berdampak negatif, hasilnya bukan lagi memunculkan kreatifitas di dunia maya, namun pemanfaatannya mulai berlebihan dan melanggar norma-norma kesusilaan. Selain kasus penculikan yang mulai marak belakangan ini, kegiatan prostitusi secara online pun sudah mulai bermunculan di situs ini.

Sebut saja beberapa korban seperti Stefani Abelia (14 tahun) dari Surabaya, M. Nova Triani (14 tahun) dari Sidoarjo dan Sylvia Russarina (23 tahun) dari Semarang yang menjadi beberapa gadis belia yang menjadi korban penculikan, bahkan mungkin pelecehan seksual (www.liputan6.com, 11 Februari 2010).

Belum cukup dengan aktivitas mesum, status di facebook pun mulai diwarnai dengan kata-kata kotor dan caci maki, contoh kasusnya adalah seorang guru keterampilan di SMA 4 Tanjungpinang kepulauan Riau yang dihina dengan kata-kata yang tidak pantas oleh 4 orang muridnya sendiri, bahkan sampai diancam akan dibunuh dan dimutilasi, sehingga membuat sang guru trauma (Republika 16 Februari 2010).

MUI pun mulai gerah, sampai-sampai mereka mau mengeluarkan fatwa haram untuk facebook, namun orang-orang yang sudah terlanjur ketagihan memakai facebook malah memandang sebeleh mata fatwa itu, bahkan menuding Islam anti modernitas.

“Iceberg Phenomenon”…yaaaa kira-kira seperti itulah masalah-masalah yang timbul karena pemakaian facebook yang kelewat batas, artinya apa yang terungkap di media hanya sebagian, alias baru permukaannya saja.

Di amerika facebook dituding menjadi salah satu penyebab utama perceraian suami-istri, dalam 5 tahun terakhir jumlah kasus perceraian disana meningkat Cuma gara-gara aktivitas seseorang di beberapa situs pertemanan. Berdasarkan survey sebuah lembaga pernikahan disana, facebook adalah penyebab utama perceraian dan perebutan hak asuh anak disusul twiiter dan MySpace di urutan kedua dan ketiga. “to make your relationship longer, closed your facebook accout” kata salah seorang anggota lembaga perkawinan disana.

Tak bisa kita pungkiri kalo Situs jejaring sosial merupakan hasil dari kecanggihan teknologi, namun dampak positif dan negtifnya tergantung bagaimana kedewasaan kita dalam menggunakannya sebagai user.

Oleh karena itu gunakanlah facebook untuk kegiatan yang berguna misalnya berbagi informasi dengan teman-teman atau untuk bisnis juga bisa,tapi bisnis yang bener ya, jangan bisnis prostitusi!!. jangan diisi dengan hal-hal yang ga jelas atau kisah-kisah cengeng dan melankolis hanya karena putus cinta dan persoalan-persoalan sepele apalagi untuk hal-hal yang sifatnya pribadi.

So..be wise…

3 Responses to “BALADA FACEBOOK”

  1. Salam kenal,😛
    Setuju, Pak!
    Jangan salahkan Facebooknya kalau terjadi hal-hal yang tidak semestinya. Karena tujuan orang dalam menggunakan media ada bermacam-macam, ada yang positif, ada yang negatif, ada yang ga positif tapi juga ga negatif.
    Satu hal yang menurut saya penting, kecerdasan emosi pengguna jasa media tersebut. Dengan demikian, pengguna dapat dengan bijak menggunakan media tersebut sebagaimana mestinya.
    Sekali lagi, jangan hancurkan medianya, kalau yang bermasalah adalah oknum penggunanya.

  2. salam kenal juga…thanks for your comment

  3. salam kenal….
    saya setuju dengan Anda…
    Intinya, jangan asal approve permintaan pertemanan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: