Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

VARICELLA


CACAR AIR

Chickenpox atau yang lebih dikenal dengan penyakit cacar air adalah penyakita yang biasa terjadi pada anak-anak terutama mereka yang berusia 12 tahun kebawah. Bintik bintik merah yang gatal yang terlihat seperti melepuh dapat muncul ke seluruh badan dan mungkin diiringi dengan gejala seperti sakit flu. Gejala ini biasanya dapat hilang tanpa perawatan, tetapi karena penyakit ini tergolong menular, maka pasien harus tinggal dirumah dan beristirahat hingga gejalanya benar-benar pergi.

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV). Anak-anak dapat dilindungi dari virus ini dengan mendapatkan vaksinasi/imunisasi cacar air, biasanya antara usia 12 s.d. 18 bulan, walaupun terkadang vaksin diberikan pada anak-anak yang sudah cukup besar, remaja dan orang tua.

Biasanya seseorang akan merasakan sakit cacar sekali seumur hidupnya, tapi virus VZV dapat menetap pada tubuh dan menyebabkan beragam jenis perubahan/pengelupasan kulit yang selanjutnya disebut dengan ruam atau herpese zoster. Dengan mendapatkan vaksin cacar air secara signifikan dapat memperkecil kesempatan anak-anak untuk terkena penyakit ini, tetapi mereka nantinya masih mungkin terkena ruam

Gejala Penyakit Cacar Air

Cacar air menyebabkan bintik merah yang gatal pada kulit yang biasanya muncul pertama kali pada bagian perut, atau punggung dan wajah, dan lalu menyebar ke hampir semua tempat ditubuh, termasuk di kulit kepala, mulut, hidung, telinga dan area genitals.
bintik awalnya akan seperti gelembung merah dengan jumlah banyak yang serupa dengan jerawat atau gigitan serangga. Mereka lalu berkembang menjadi gelembung yang berisi cairan putih, yang akan berubah menjadi gelap. Lalu akan pecah, meninggalkan lubang, dan akhirnya akan mengering menjadi bekas berwarna coklat.

Gelembung yang muncul saat cacar air biasanya berukuran kurang dari ¼ inchi, memiliki dasar berwarna merah, dan muncul setelah 2-4 hari. Bintik bintik mungkin akan menjadi banyak pada anak-anak yang kulitnya tidak sehat atau eksim.

Beberapa anak akan demam, sakit pada bagian perut, sakit tenggorokan, sakit kepala atau sakit yang tidak jelas satu atau dua hari sebelum bintik bintik muncul. Gejala ini akan berlangsung selama beberapa hari, dan demam akan berkisar pada 100°–102° Fahrenheit (37.7°–38.8° Celsius), walau dibeberapa kasus suhu akan lebih tinggi lagi. Anak yang masih balita biasanya akan mendapat gejala lebih ringan dan demam daripada anak yang lebih besar atau orangtua.

Cacar air adalah sakit ringan, tapi dapat mempengaruhi beberapa bayi, remaja, orang dewasa dan orang dengan sistem kekebalan tgubuh yang lemah untuk lebih menderita. Pada beberapa orang dapat mengembangkan bakteri infeksi yang cukup serius yang melibatkan kulit, paru paru, tulang, tulang sendi dan otak (encephalitis). Walau anak dengan sistem kekebalan tubuh yang normal dapat menyebabkan komplikasi, paling sering infeksi kulit menjadikan kulit melepuh.

Seseorang yang telah terkena cacar air atau vaksin cacar air seperti seorang anak yang beresiko untuk mengembangkan ruam di kemudian hari, dan hingga 20% masih terjadi. Setelah infeksi, virus vzv menjadi tidak aktif pada sel syaraf dekat dengan tulang belakang dan aktif kembali menjadi ruam, yang dapat menyebabkan perasaan geli, rasa gatal, atau rasa sakit yang diikuti dengan bintik merah dan melepuh. Ruam terkadang diobati dengan obat anti virus, steroids, dan pengobatan rasa sakit, dan pada bulan Mei 2006 FDA menyetujui vaksin yang dapat menjaga ruam pada orang berusia 60 atau lebih.

Cara Penularan

Cacar air mudah menjalar dari sekitar 2 hari sebelum bintik muncul dan berakhir sampai seleruhnya terbuka. Seorang anak dengan cacar air harus dirawat dirumah hingga bekas bintik yang telah terbuka mengering, biasanya sekitar 1 minggu. Jika tidak yakin apakah anak telah siap masuk sekolah, baiknya ditanyakan ke dokter.

Cacar air sangat menular – kebanyak anak – anak yang dengan saudara kandungnya yang telah terkena cacar air akan terkena pula, menunjukkan gejala sekitar 2 minggu setelah anak pertama yang terkena. Untuk menghindari penyebaran, pastikan anak anda mencuci tangan mereka secara teratur, sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi. Dan hindarkan anak yang sedang terkena cacar air dari saudar-saudaranya yang belum terkvaksin sejauh mungkin. Orang yang belum terkena cacar air juga dapat mendapatkannya dari orang lain yang terkena ruam, tetapi mereka tidak dapat mendapatkan ruam itu dengan sendiri karena ruam hanya dapat berkembang dari reaksi virus vzv pada diri seseorang yang sebelumnya telah terkena cacar air.

Cacar air dan Kehamilan

Wanita hamil dan orang dengan masalah kekebalan tubuh harus jauh dari penderita cacar air. Jika wanita hamil belum terkena cacar air terutam di masa 20 minggu kehamilannya, janin dapat beresiko lahir cacat dan si ibu beresiko pada komplikasi kesehatan daripada ketika dia sakit cacar sebelum hamil. Jika dia terkena cacar air sebelum atau sesuadah bayi lahir, si jabang bayi beresiko terkena komplikasi kesehatan. Tidak ada resiko untuk membesarkan bayi jika si ibu terkena ruam selama. Jika wanita hamil telah terkena cacar air sebelum kehamilan, si bayi akan terlindungi dari infeksi pada beberapa bulan pertama kehidupannya sejak kekebalan si ibu tersalurkan melalui plasenta dan saat menyusui.

Mereka yang beresiko terkena penyakit atau komplikasi serius – seperti bayi yang baru lahir yang ibunya terkena cacar air pada saat kehamilannya, pasien dengan leukimia atau defisiensi (penurunan) kekebalan tubuh, dan anak anak yang mendapat obat yang dapat menekan sistem kekebalan – mungkin dapat dengan memberikan tetesan vaksin varicella zoster setelah kedapatan cacar air untuk mengurangi bahayanya penyakit itu.

Pencegahan Cacar Air

Dokter menyarankan anak-anak mendapat vaksin cacar air ketika mereka berusi 12 sampai dengan 18 bulan. Vaksin tersebut hanya efektif 70% to 85% sebagai pencegahan, dan lebih dari 95% effektif dalam mencegah parahnya infeksi. Walau vaksin bekerja cukup baik, beberapa anak yang telah mendapat vaksin tetap akan terkena cacar air. Bagi yang sudah, akan mendapat gejala yang agak ringan daripada mereka yang belum tervaksin sama sekali dan akhirnya terkena juga. Anak yang sehat yang telah terkena cacar air tidak memerlukan vaksin – mereka biasanya memiliki perlindungan yang cukup panjang dalam melawan penyakit tersebut.

Penanganan Cacar Air

Sebuah virus yang menyebabkan cacar air, jadi dokter anak anda tidak akan menulis resep antibiotik. Bagaimanapun, antibiotik mungkin dibutuhkan jika penyakit tersebut terinfeksi oleh bakteri. Ini cukup umum pada anak karena mereka biasaya menggaruk dan mengelupas bagian yang terbuka,

Obat antiviral acyclovir mungkin dijadikan resep untuk pasien cacar air yang beresiko komplikasi. Obat tersebut, yang dapat mengurangi rasa sakit, harus diberikan pada 24 jam pertama setelah ruam muncul. Obat Acyclovir dapat memberikan efek samping, jadi hanya diberikan ketika memang diperlukan. Dokter anda dapat memberitahu obat yang terbaik untuk anak anda.

Cara Mengatasi Ketidaknyamanan Saat Terkena Cacar Air

Anda dapat membantu mengatasi rasa gatal, demam dan rasa tidak nyaman saat terkena cacar air, yaitu dengan cara:

  • Menggunakan kompres air dingin atau mandi dengan air dingin atau air hangat hangat kukusetiap 3 sampai 4 jam untuk beberapa hari pertama. Mandi dengan Oatmeal, tersedia di supermarket atau di farmasi, dapat emmebantu untuk mengurangi atau menghilangkan rasa gatal. (mandi tidak menyebabkan penyakit cacar air menyebar)
  • Menepuk (bukan menggosok) badan hingga kering.
  • Menggunakan lotion calamine pada daerah yang gatal (tetapi jangan digunakan pada wajah terutama dekat mata)
  • Memberikan anak anda makanan yang dingin, lembut, dan dihaluskan karena cacar air dapat membuat minum atau makan sulit. Menghindari pemberian makan pada anak anda besar yang berasa asam atau asin, seperti orange juice atau pretzels.
  • Menanyakan pada dokter atau farmasi anda tentang krim penghilang rasa sakit untuk digunakan didaerah yang rawan.
  • Memberikan anak anda acetaminophen secara teratur untuk membantu menghilngkan rasa sakit jika anak merasa sakit pada bagian mulut.
  • Bertanya pada dokter tentang pengobatan untuk rasa gatal.

Jangan gunakan aspirin untuk mengurangi rasa sakit atau demampada anak yang terkena cacar air karena aspirin telah diasosikan pada penyakit serius yaitu Reye syndrome, yang dapat membuat gagal ginjal atau bahkan kematian.

Sejauh mungkin larang anak untuk menggaruk. Hal ini mungkin akan sulit bagi mereka, letakkan sarung tangan atau kaos kaki pada tangan anak anda untuk menghindari garukan selama tidur. Lalu, potong kuku dan jaga kebersihannya untuk mengurang efek penggarukan, termasuk mengelupasnya bintik dan infeksi.

Kebanyakan infeksi cacar air tidak membutuhkan pengobatan khusu. Tetapi kadang, terdapat juga beberapa masalah. Segera hubungi dokter jika anak anda:

  • Demam hampir 4 hari dengan suhu diatas 102° Fahrenheit (38.8° Celsius)
  • Batuk parah atau kesulitas bernafas
  • Jika bintik menjadi bernanah (tebal, warna cairan yang aneh) menjadi merah, hangat, bengkak, atau sakit
  • Sakit kepala berlebihan
  • Rasa kantuk yang tidak biasa dan memiliki masalah untuk bangun
  • Mendapat masalah dengan cahaya terang
  • Mendapat kesulitan dalam berjalan
  • Terlihat kebingungan
  • Terlihat sangat sakit diikuti dengan muntah
  • Mendapati leher kaku

Hubungi dokter anda jika anda pikir anak anda terkena cacar air, jika anda memiliki pertanyaan, atau jika kami berpikir akan terjadi komplikasi. Dokter akan mengarahkan anda dalam mengawasi komplikasi tersebut dan memilih medikasi untuk menghilangkan rasa gatal. Ketika membawa anak anda ke dokter, biarkan dokter tahu secara berkelanjutan bahwa anak anda terkena cacar air. Sangat penting untuk meyakinkan anak lain di tempat praktek tidak diekspose – untuk beberapa dari mereka, infeksi cacar air dapat menyebabkan komplikasi yang menyakitkan.

5 Responses to “VARICELLA”

  1. Cacar yg sudah kering itu yang sangat bahaya nularnya ya ?

  2. kLo bernanah apa itu tdk berbahaya atau sebaliknya?
    help me please?

  3. Maz , apa beneran kata orang2 kalo,,,

    “walaupun kita udach dkasih vaksin cacar, , ntar pasti juga kena cacar . . . jd , semua orang yg belum prnh kna cacar pzt akan kna cacar , , ”

    naaah . itu bener gak , sech ?

    cz aku tkt kna cacar . .

    • hmmm…secara terori sih kalo orang yg udah terkena cacar tubuhnya secara otomatis akan memiliki kekebalan terhadap virus cacar tsb, namun bila daya tahan tubuh org tsb sedang menurun dan dia kontak dengan penderita cacar…yaa dapat ketularan lg juga deeh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: