Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

PTT


Akhirnya hari keberangkatan pun tiba, besok adalah hari dimana gw harus meninggalkan kota Jakarta ini selama1 tahun, meninggalkan semua kehidupan gw yang nyaman di kota ini, meninggalkan keluarga dan teman-teman gw untuk menunaikan tugas mulia dari pemerintah yang disebut PTT… ya PTT (Pegawai Tidak Tetap) adalah suatu bentuk tanggung jawab moral kita sebagai dokter dan program pemerintah dalam hal ini departemen kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di negara yang luas ini, dimana hampir sebagian besar penduduknya tinggal di daerah terpencil, sehingga sulit dijangkau oleh layanan kesehatan.

Melalui program ini, para dokter disalurkan oleh pemerintah untuk ditempatkan di daerah-daerah terpencil dan sangat terpencil untuk mengabdikan ilmu yang mereka dapatkan selama mereka kuliah di fakultas kedokteran.

Walaupun mungkin untuk itu mereka harus meninggalkan tempat mereka yang nyaman di kota-kota besar tempat mereka tinggal, toh banyak juga para dokter yang mendaftarkan diri mengikuti program ini, termasuk gw. Gw sendiri pada mendapatkan tempat di provinsi Kalimantan tengah, kabupaten pulangpisau dengan kriteria daerah terpencil. Untuk yang mendapatkan daerah dengan criteria sangat terpencil maka waktu tugas mereka hanya 6 bulan saja.

Meskipun sekarang ini program PTT ini tidak diwajibkan lagi bagi para dokter seperti zaman dahulu, namun keuntungan-keuntungan yang didapat setelah kita mengikuti program ini, selain pengalaman dan gaji yang lumayan (terutama untuk kriteria daerah sangat terpencil), rekomendasi untuk spesialis, kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, maupun kemungkinan untuk diangkat menjadi PNS adalah hal-hal yang cukup menggiurkan yang mungkin dapat diterima oleh seorang dokter apabila selesai menunaikan tugas PTT-nya, sehingga membuat program ini masih banyak diminati oleh dokter-dokter, terutama para dokter-dokter muda yang baru menyelesaikan pendidikannya, meskipun untuk itu mereka harus keluar dari comfort zone mereka dan berjuang terlebih dahulu didaerah terpencil atau sangat terpencil sesuai dengan masa penugasannya.

Gw sendiri berusaha untuk ikhlas dalam menjalankan PTT ini, yaaah…anggap aja gw beramal, gw mengabdikan ilmu yang gw punya pada bangsa dan negara gw tercinta ini, karena jujur, gw sendiri gak tau apa yang akan gw hadapi di daerah yang akan menjadi tempat tinggal gw dalam setahun ke depan. Apakah gw bisa survive disana atau nggak? Tinggal dimana? Mau ngapain disana? Masih belum bisa gw bayangin hal-hal apa yang akan gw temui di tempat gw bertugas nanti, masih absurd, makanya gw ga mau berharap banyak seperti yang gw tulis diatas, yang terpenting adalah gw menjalani PTT ini dengan baik, bekerja dengan ikhlas dan pulang kembali dengan selamat.

Akhir kata, kepada semua teman-teman sejawat gw yang lain, selamat berjuang, dimana pun kalian berada, semoga sukses yaaa…semoga kelak kita dapat bertemu kembali. Dan untuk yang belum berhasil dalam mendaftar PTT, jangan menyerah, coba lagi di periode berikutnya.

2 Responses to “PTT”

  1. Pak dokterrr.. Smangat yaah… Syg qt ga smpet jalan2 sblm lo brangkat ksanah. Yah next time yaa klo lg balik k jakarta. Take care n jgn lupa sholat.


Leave a Reply

