Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pasar Terapung


2 hari di Banjarmasin ternyata berguna juga, lumayan buat mengusir rasa bosan gw disini. Gw berada di sana dari hari sabtu kemaren sampai hari ini dan mengunjungi 2 tempat disana, yaitu kota banjar baru dan pasar terapung.

Tempat pertama yang gw kunjungi dengan temen gw adalah kota banjar baru, kota ini berjarak sekitar 20 menit dari kota Banjarmasin nya, di kota ini gw menyempatkan diri untuk nongkrong di warung tenda di alun-alun kota nya, apalagi gw datengnya pas malam minggu, dimana suasana disana begitu ramai, mirip-mirip di parkir timur senayan kalo di jakarta, di alun-alun itu tumplek blek berbagai macam acara, mulai dari pertandingan basket sampai acara life music, mulai dari musik anak-anak muda zaman sekarang sampai ada juga panggung khusus dimana penyanyinya menyanyikan lagu-lagu daerah, kaya sinden gitu kalo di jawa, belum lagi beraneka macam makan disana yang dijajakan baik di warung-warung tenda maupun yang menggunakan gerobak, membuat suasana semakin meriah.

Dan yang nongkrong disana juga tidak hanya didominasi anak muda, tapi juga banyak orang tua yang mengajak serta anak-anak mereka. memang benar-benar sesuai dengan konsep alun-alun, yaitu sebagai tempatnya orang berkumpul. Puas makan dan nongkrong-nongkrong kami pun langsung pulang ke kosan temen gw di kota Banjarmasin nya, karena besok pagi-pagi kita berencana mau ke pasar terapung.

Esok harinya, pagi-pagi buta, sekitar jam 5 subuh gw sama temen gw udah dijemput dan kita langsung pergi ke pasar terapung, sebenarnya acara pergi ke pasar terapung ini tidak direncanakan, namun karena kebetulan kantornya temen gw sedang menerima tamu dari Jakarta, dan mereka berencana mengajak tamu nya tersebut untuk jalan-jalan ke pasar terapung, jadinya gw diajak ikut juga deh, jadi bisa jalan-jalan naik kapal kecil (klotok) gratis deh hehehe….

Pasar terapung ini terletak di muara sungai barito, dan sungainya kali ini benar-benar besar, bahkan kapal feri dan tongkang yang besar pun bisa melewati sungainya, rasanya ga kaya di sungai aja kita kalo berada di tengah-tengahnya.

penulis dan rombongan dengan latar belakang aktivitas di pasar terapung

Seru juga ngeliat para bapak-bapak dan ibu-ibu menjual dagangannya yang di dominasi oleh sayur dan buah-buahan dengan menggunakan perahu, apalagi ditambah latar belakang matahari yang sedang terbit, makin keren aja deh pemandangan disana, dan gw pun gak tinggal diam, langsung poto-poto sana sini walaupun hanya pake kamera Henpon.

sunrise di pasar terapung

Setelah puas foto-foto, rombongan pun mulai merasa lapar dan lalu kami membeli makanan seperti soto banjar, sop ayam dan rawon di kapal yang menjual makanan-makanan itu, sempet ilfil juga sih, ngeliat bapak-bapak yang jualan mencuci gelas dan piringnya dengan air sungai, sempet was-was juga, jangan-jangan air teh yang gw minum ini buatnya dari air sungai lagi? Dan akhirnya gw pun memilih minum air mineral gelas aja biar aman hehehe… lucu juga makan soto diatas kapal yang bergoyang-goyang, pantes aja nama warung kapalnya adalah “warung makan goyang terapung” hihihi…

ini dia warungnya:…

suasana makan di atas kapal klotok

Sayangnya kita tidak sempat mampir ke salah satu objek wisata lain disitu, yaitu pulau kembang, karena ada anggota rombongan yang harus segera pulang ke Jakarta.

Pulau kembang adalah pulau yang terletak di tengah muara sungai barito, dan di pulau itu terdapat banyak monyet-monyet. Dan gw langsung berencana mau ke pulau itu kalo gw main ke Banjarmasin lagi

9 Responses to “Pasar Terapung”

  1. Wiiihhh..sakit perut ga abis makan soto banjarnya?
    Hahahahaha..
    Seruuu juga yaaa…pingin liat jadinya..
    Soto banjar rasanya gmn? Enak ga?

  2. Grandonggg,,,,
    keliatan rada gendut euy..😀

  3. Grandong…Tambah gemuk euy…😀

  4. keRennn…mau kesana donk…;)

  5. misssssss acooooooonnnnnggggggg, dah lama ga ngeliat mukanya ^^,

  6. Hmmm.. Nyuci pake air sungai yah,besok klo ke sana gue bawa mangkok sendiri ah heheh,preventif :p

  7. Seru euy, tapi sayang nong, setiap loe foto gak jelas gambarnya, coba pakai kamera digital …


Leave a Reply

