Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Semangat Anak Kecil


Melihat semangat anak-anak kecil yang berpartisipasi dalam lomba MTQ XXV di buntok, barito selatan Kalimantan tengah ini gw teringat dengan masa-masa gw dulu waktu kecil.

Waktu kecil dulu, mungkin sekitar SMP lah gw sering mengikuti lomba-lomba seperti ini, walaupun belum pernah sampai tahap MTQ sih, karena waktu kecil dulu gw ikut pengajian di deket rumah gw, dan sering ada perlombaan antar pengajian di daerah gw.

Dari mulai lomba cerdas cermat, lomba azan sampai lomba membaca Al-quran pernah gw ikutin, namun selepas SMU gw udah gak pernah lagi mengikuti kegiatan macam itu lagi, hari-hari mulai diisi dengan kesibukan belajar dan bergaul dengan teman-teman.

Setiap hari selama disini mereka berlatih membaca Al-Quran dengan didampingi guru dan orang tua nya. Prestasi mereka pun tidak main-main, ada yang sudah beberapa kali menjadi juara di tingkat kecamatan dan kabupaten, bahkan ada juga yang pernah mencapai tingkat nasional.

Waktu gw melihat sorot mata orang tua saat mendampingi anak-anak mereka berlatih dan berlomba disini, gw melihat pancaran kebanggan dari mereka, mungkin dalam hati nya mereka berkata “jangan tegang nak…konsentrasi…” mungkin itulah kira-kira kata hati para orang tua itu, jadi teringat dulu waktu orang tua gw mengajari gw mengaji sewaktu kecil tiap habis solat maghrib di ruang tamu rumah gw.

Dan gw yang melihat pemandangan itu langsung berfikir, “mereka yang masih kecil-kecil aja sudah dapat mengaji dengan baik, bahkan ditambah dengan lagu segala lagi, sedangkan gw, ngaji aja baca nya biasa-biasa aja, kelak jika suatu saat  gw punya anak nanti, ketika seumuran mereka udah harus bisa kaya gitu, minimal sudah bisa ngaji dan solat lah”.

Rasa nya malu dengan mereka, subuh-subuh mereka sudah bangun dan mengikuti solat berjamaah dengan teman-teman nya, sedangkan gw masih tertidur dengan nikmat nya hehehe….padahal mereka masih kecil-kecil, rata-rata masih duduk di bangku SD atau SMP, tapi kesadaran beribadah mereka jauh lebih baik daripada gw.

Selamat berlomba adik-adik kecilku, semoga kalian mendapatkan hasil yang terbaik dalam lomba MTQ kali ini dan semoga akan lebih banyak lagi generasi-generasi seperti kalian di negara ini.

Amieenn……….

One Response to “Semangat Anak Kecil”

  1. Sayang sekali, coba dilanjutkan sampai skrng nong! Knp cuma sampai SMP? Lomba ngaji lo?


Leave a Reply

