Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Baksos Dinas Sosial


3 hari kemarin ini dari tanggal 20-22 Juli 2010 gw dikirim dari rumah sakit tempat gw bersama dua orang perawat, salah satunya perawat yang juga mendampingi gw waktu kegiatan MTQ di Buntok beberapa waktu lalu (mba sum-red) untuk ikut serta dalam rombongan tim dari dinas sosial provinsi Kalimantan tengah untuk mendata dan memberikan bantuan kepada para penyandang cacat baik cacat fisik maupun cacat mental di kabupaten pulang pisau, khusus nya di kecamatan Kahayan hilir tempat gw tinggal sekarang.

Jangan bayangkan kalo kecamatan itu kaya yang di Jakarta yang wilayahnya gak terlalu besar, luas kecamatan di Kalimantan ini mungkin luasnya hampir melebihi luas wilayah Jakarta, karena gw dan tim aja butuh waktu sampai tiga hari untuk mendatangi setiap penyandang cacat di tiap-tiap kelurahan di kecamatan Kahayan hilir ini, itupun ada beberapa kelurahan yang tidak dapat kita kunjungi dikarenakan karena sulit nya medan dan keterbatasan kemampuan kendaraan.

Bahkan di beberapa kelurahan gw dan tim sampai harus naik speed boat dulu menyusuri sungai dan hutan bakau untuk mencapai kelurahan nya, belum di tambah beberapa daerah yang jalan nya sulit dilalui karena belum diaspal dan masih berupa jalan tanah.

Di daerah-daerah tersebut ambulans yang gw kendarai sempat beberapa kali slip di jalan yang berlumpur dan masuk ke dalam lubang yang tidak terlihat karena ada genangan air hujan dan tim pun harus mendorong ambulans nya (untung gw yang nyupir, jadi gak perlu turun mobil dan dorong-mendorong hehehe…), belum lagi harus melewati jembatan-jembatan dari kayu galam yang terlihat ringkih dan bisa sewaktu-waktu roboh karena beban kendaraan kami yang melewatinya hiiii…

Selain mendata para penyandang cacat, pihak dinas sosial juga memberikan bantuan berupa uang dan alat yang dapat membantu mereka seperti kursi roda, alat bantu dengan ataupun tongkat untuk berjalan (untuk alat-alat ini baru akan diberikan awal bulan agustus nanti setelah pendataan selesai).

Selain mengumpulkan para penyandang cacat di kantor-kantor kelurahan atau balai desa setempat gw dan tim juga turun langsung ke rumah-rumah para penyandang cacat yang tidak mampu berjalan lagi atau di bawa ke tempat-tempat itu untuk mendata dan memberikan bantuan kepada mereka.

Seru juga sih keluar masuk kampung, kadang jalan kaki, kadang diantar orang dinas setempat dengan motor sambil jalan-jalan keliling melihat-lihat keadaan kecamatan sini, lumayan jadi nambah pengalaman ketemu orang-orang baru dan berkunjung ke tempat-tempat yang mungkin gak akan bisa gw kunjungi sampai gw selesai bertugas disini nanti.

fotot-foto:

3 Responses to “Baksos Dinas Sosial”

  1. seneng bacanya.. banyak pengalaman baru ya, fan..

  2. Curang loe nong, gak mau turun dorong!! Enak bener gak kena becek!


Leave a Reply

