Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

MCU Askes (2)

Seperti yang udah gw bilang pada tulisan gw sebelumnya, pada MCU askes yang berikutnya gw akan mengunjungki kecamatan yang sangat jauh, yang bahkan orang sini sendiri pun banyak yang belum pernah kesana.

Transportasi kesana pun sulit untuk dilewati oleh mobil biasa, harus dengan mobil yang besar (double garden –red) itupun perjalanan masih harus dilanjutkan menggunakan perahu motor kecil (klotok) untuk melewati sungai-sungai kecil dan besar sebelum kita mencapai  kecamatan itu. Nah gw akan berbagi dengan teman-teman pembaca perjalanan gw selama 2 hari kemarin.

Hari pertama (selasa, 5 oktober 2010)

Kita rombongan berlima (2 dokter, 1 perawat, 1 analis laboratorium dan 1 orang supir) start dari rumah sakit sekitar pukul 10.00 WIB dengan menggunakan ambulance yang paling kuat yang dimiliki rumah sakit (ford ranger –red) sempet mampir dulu ke pasar sebentar untuk beli cemilan dan minuman buat di perjalanan.

Perjalanan pun dimulai, karena kita perjalanan kita sebagian dengan darat, sebagian lewat sungai, maka waktu yang dibutuhkan lebih lama, karena itu berarti kita harus mengambil jalan agak memutar melewati kecamatan lain.

Satu setengah jam pertama kondisi jalan masih bagus, namun sekitar satu jam terkahir perjalan mulai horror terutama bagi penumpang yang mabok dan yang berpantat tipis hehehe…hal ini dikarenak jalanan mulai berbatu dan berlobang, bahkan beberapa kali kita harus melewati jembatan yang terbuat dari kayu yang kondisi nya sepintas terkihat rapuh, namun ternyata cukup kuat menanggung beban berat.

(perjalanan menembus hutan dengan ambulance)

(nah jalan seperti ini lah yang harus kami lewati, kebayang kan itu pantat pasti rata hehehe…)

Setelah selama sekitar 2,5 jam perjalanan darat, perjalanan kami pun berakhir di sebuah pelabuhan klotok kecil sekitar perkebunan kelapa sawit, disana kami menunggu pak camat kecamatan yang akan kami kunjungi  sebentar lalu segera menaiki klotok.

(nah ini dia pelabuhan klotok kecil nya…kecil banget kan?)

Perjalanan sungai pun dimulai, sekitar setengah jam kita berjalan melewati sungai kecil yang lebih mirip parit dan berair hitam, lalu setelah itu kita bertemu sungai yang cukup besar yaitu sungai sebangau selama sekitar setengah jam lagi.

(ini sungai kecilnya)

(dan ini sungai besar nya)

(perkampungan di pinggir sungai)

Enak juga sih naik klotok itu, karena perjalanan jadi tidak terlalu cepat seperti naik speed boat sehingga kita dapat lebih menikmati pemandangan di pinggir-pinggir sungai, Cuma serem nya kalo naik klotok itu kita goyang sedikit pasti perahu nya ikut goyang, apalagi di tengah-tengah perjalanan sempet hujan deres, jadi kudu hati-hati

Sampai  disana sekitar pukul 4 sore, kami langsung dijamu dengan menu makanan khas daerah-daerah hutan, yaitu rawon daging rusa hmm…rasa nya lembut dagingnya, lebih lembut dari daging sapi.

Setelah makan kami lalu diantar ke sebuah losmen untuk tempat kami menginap nanti malam. Sebuah losmen sederhana yang hampir semua isi nya terbuat dari kayu dengan tariff Rp.25.000 per orang per malam. Untungnya disini sedang musim hujan, jadi kita mendapatkan air yang cukup bersih deh di losmen itu (soalnya air bersihnya nampung air hujan dulu hehehe…).

(suasana perkampungan)

Setelah beres-beres sebentar, kami menyempatkan diri berjalan-jalan disekitar kecamatan itu, namun karena hujan turun lagi akhirnya kami pun segera kembali ke losmen.

Malamnya kami dijamu lagi dengan menggunakan menu yang berbeda, namun daging yang sama, menu makan malam nya adalah gulai daging rusa hmmm…. Gak kalah enak deh dengan rawon rusa tadi sore, sempet berharap gw kalo menu besok pagi jadi rusa guling atau sate rusa hehehe…

Setelah makan kami pun siap-siap untuk kegiatan MCU besok dan lalu tidur.

Hari kedua (6 oktober 2010)

Sayangnya harapan gw untuk makan rusa guling atau sate rusa pagi ini tidak terkabul, menu makan pagi ini kami disuguhi dengan menggunakan nasi kuning, telur dan mie goreng. Setelah makan kami pun segera berangkat menuju puskesmas tempat MCU dilaksanakan.

(ini dia neh puskesmas nya)

Kegiatan MCU ini sendiri berlangsung mulai dari jam 8.00 WIB sampai sekitar pukul 13.00 WIB terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, wawancara riwayat penyakit dan pengambilan sampel darah dan air kencing. Setelah selesai, lalu acara dilanjutkan dengan makan siang bersama pak camat, kepala puskesmas dan beberapa PNS yang ikut,  setelah selesai makan kami pun langsung bersiap-siap untuk segera pulang kembali ke kota pulang pisau.

Sempet juga foto-foto sebentar sambil menunggu dijemput oleh klotok nya di sekitar dermaga sebangau. Sekitar pukul 15.00 WIB klotok yang akan mengantar kami pun datang, dan perjalanan menempuh sungai selama 1 jam lagi pun dimulai, sempet hujan deres lagi di tengah-tengah perjalanan pula.

(foto-foto dulu sebelum pulang)

Setelah sampai di pelabuhan klotok lagi, Lalu perjalanan pun dilanjutkan lagi dengan menggunakan mobil ambulance, sempet berhenti sebentar karena rem mobilnya kemasukan batu kerikil kecil sehingga menyebabkan bunyi yang tidak menyenangkan, tapi setelah dibongkar sedikit batu pun berhasil dikeluarkan dan perjalanan bias dilanjutkan kembali.

Akhirnya sekitar pukul 18.30 WIB sampai lah gw dan rombongan kembali ke RS pulang pisau.

Sungguh perjalanan yang sangat seru, senang rasa nya bisa berkesempatan mengunjungi sebuah tempat yang bahkan orang asli sini sendiri nya pun belum pernah kesana, dan mungkin di peta juga belum ada hehehe… penduduk yang ramah dan saling mengenal satu sama lain, sebuah komunitas yang cukup unik, ditengah keterpencilan mereka dari kota, tapi mereka tetap mampu bertahan hidup disana, oiya selain air bersih yang harus menampung air hujan dulu, listrik disana pun hanya menyala selama 12 jam saja, yaitu dari pukul 5 sore sampai pukul 5 pagi.

Maka bersyukurlah kita-kita yang masih bisa hidup berkecukupan, air bersih ada, listrik 24 jam sehari, semua teknologi informasi dan hiburan ada, mau makan apa aja mudah.

Akhir kata, penulis doakan semoga semua penduduk di sana selalu di berikan keberkahan dan kebahagiaan dalam hidupnya oleh Allah SWT…amieeennn.

8 Responses to “MCU Askes (2)”

1. kasihan rusanya…satwa dilindungi tuh

2. Kapan2 mampir lagi ke sebangau, pak. Siapa tau ada rusa yang bawa guling, jd kita bisa makan rusa guling atau sate rusa.

3. Kapan-kapan mampir lagi ke Sebangau, Pak. Siapa tau masih kepingin merasakan Rusa Guling ato Sate Rusa. Nanti kita nyari rusa-nya sama-sama. he..he….he….

4. Mantap lo sebangau broo,,,, dulu aq juga tinggal di situ?

5. Kereeennn…makan daging rusa apa rasanya tuuuhh??