Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

MCU Askes (4)


Jumat, 15 oktober 2010

Cerita ini adalah bagian terakhir dari tetralogi MCU Askes yang diadakan mulai dari tanggal 2 oktober sampai 15 oktober 2010, alias ini adalah perjalanan terakhir gw dalam kegiatan MCU askes kali ini.

Pada MCU askes ini, gw melakukan perjalanan ke kecamatan yang terletak paling utara dari kabupaten pulang pisau, yaitu kecamatan bawan, perjalanan kali ini ditempuh selama kurang lebih 4 jam melalui jalan darat dan melewati ibukota provinsi Kalimantan tengah yaitu palangkaraya.

Berangkat dari RS sekitar jam 06.30 WIB, dengan menggunakan ambulance setelah itu kita berjalan selama sekitar 2 jam menuju palangkaraya, setelah sarapan sebentar di palangkaraya, lalu perjalanan dilanjutkan selama 2 jam menuju kecamatan nya.

Memang dari kabupaten gw ke palangkaraya jalan nya sebagian besar sudah beraspal dan nyaman dilalui, namun dari palangkaraya ke kecamatan nya jalan nya sebagian besar masih berupa tanah dan naik turun seperti kalo kita mau ke daerah-daerah di sekitar jalur selatan jawa barat, dan sepanjang kanan kiri jalan disuguhi pemandangan hutan hujan tropis Kalimantan.

banjiiiiiirrr…..

(ini dia jalan nya..offroad abiesssss….)

Sempet khawatir karena daerah tersebut kabar nya masih digenangi banjir akibat curah hujan yang meningkat selama sebulan terakhir ini, namun ternyata banjir sudah mulai surut, cuma di beberapa titik di jalan aja yang masih digenangi air setinggi mata kaki orang dewasa.

Setelah melalui medan jalan yang berbukit-bukit, berpasir dan berkerikil , akhir nya kami sampai disana sekitar jam 10.00 WIB, acara pun langsung aja dimulai dengan kegiatan MCU. kegiatan ini seperti biasa diadakan di puskesmas setempat yang kebetulan dokter yang bertugas disana (dokter PTT juga -red) gw kenal, jadi lumayan lah ada temen disana.

(ini neh puskesmas nya)

kegiatan MCU nya mah cuma sebentar aja, gak sebanding dengan usaha menuju ke sana nya, bahkan sebelum waktu solat jumat kegiatan udah selesai.

Ketika akan melakukan sholat jumat gw sempet bingung, karena di sepanjang jalan gw gak melihat sama sekali ada masjid (disini mayoritas masyarakat nya beragama Kristen dan hindu kaharingan), namun setelah gw Tanya sama orang puskesmasnya, ternyata ada sebuah masjid kecil tidak jauh dari puskesmas nya.

Namun ternyata kalo menurut gw itu bukan masjid, tapi sebuah musholla kecil aja, dan seumur-umur baru kali ini gw sholat jumat jamaah nya Cuma 7 orang, bahkan sempet terjadi kejadian lucu sebelum dimulai nya sholat jumat, karena kebetulan orang yang biasa menjadi khotib nya (penceramah) sedang tidak ada di tempat, maka mereka ber enam saling tunjuk-tunjukkan untuk menjadi khotib (gw gak ikut-ikutan karena gw orang baru disana, tapi gw sempet disuruh juga, namun gw menolak secara halus, dengan alasan kalo gw kan orang baru, jadi gak enak lah hehehe..).

(ini lagi sholat jumat loh, bukan sholat zuhur)

Akhirnya temen gw yang dokter PTT disana bersedia juga untuk menjadi khotib, walaupun dia juga ceramah nya dengan membaca buku catatan tentang khotbah jumat, tapi yang penting rukun sholat jumat nya terpenuhi hehehe…..

Kagum rasa nya melihat kaum muslim yang tinggal di daerah yang mayoritas masyarakat nya non muslim, namun mereka masih tetap menjalankan kewajiban nya dalam beragama, bahkan di tengah keterbatasan sekalipun mereka tetap menlaksanakan sholat jumat nya.

memang sih syarat sholat jumat itu harus diikuti oleh lebih dari 40 orang, namun ketika kita tinggal di daerah yang sangat terpencil dan jauh dari mana-mana dan posisinya sebagai kaum minoritas, gw pikir walaupun dengan hanya Cuma 6 orang (hari ini 7 orang karena ada gw hehehe…) sholat jumat harus tetep dilakukan, yang penting adalah niat nya, iya kan…..

(suasana perkampungan nya)

Sekitar jam 13.00 WIB kami pun bersiap-siap untuk pulang lagi ke RS, sempet mampir sebentar di palangkaraya untuk makan siang setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali dan akhirnya kami sampai di RS sekitar pukul 18.30 WIB.

Yah inilah akhir dari tetralogi MCU Askes gw, semoga semua perjalanan ini banyak memberikan pengalaman dan tambahan wawasan bagi gw, dan dapat berguna kelak. Tunggu aja lagi ya cerita-cerita gw selanjut nya di Kalimantan ini

lumayan buat pre wedding nih view nya hehe…

4 Responses to “MCU Askes (4)”

  1. pak sedikit protes ni….koq ga di upload foto bersama staf2 puskesmas Bawan kab.pulang pisau setidaknya kunjungan bertema “kesehatan”.. kan dok.

  2. Bisa banget loe nong, alesan orang baru, bilang aja gak mau jd khotib

  3. woow.. mantaabss abis tmp
    nya fan.. \(^-^)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: