Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

ENTREPRENEUR WANNA BE…


saat gw membaca sebuah harian ibukota beberapa minggu yang lalu, gw tertarik dengan sebuah artikel yang menuliskan tentang “entrepreneur”….

Dalam artikel tersebut ditulis bahwa dari 10 orang di Indonesia hanya 1 orang yang menjadi entrepreneur, hal itu sangat jauh dibandingkan dengan negara-negara maju lain seperti di Amerika dan Israel (negara-negara eropa saya tidak tahu).

Lalu saya lanjutkan membaca artikel terebut, dituliskan dalam artikel itu bahwa masih banyak orang Indonesia yang pengennya mencari kerja dengan faktor resiko nol (0) yaitu dengan menjadi PNS…

Banyak sarjana-sarjana kita yang baru lulus pikirannya hanya untuk menjadi pekerja aja (termasuk gw juga dulu) namun yang pikirannya ingin bekerja (menjadi entrepreneur –red) jarang sekali, sehingga hal ini mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran di negara kita ini.

Saat ini pemerintah sudah mulai memikirkan langkah-langkah untuk mengatasi jumlah pengangguran terdidik di negara ini, salah satunya adalah dengan melakukan program kerja sama dengan beberapa universitas untuk mengadakan program pengembangan jiwa entrepreneur pada mahasiswanya (generasi muda –red). Salah satu universitas yang saya tahu sudah mengembangkan program entrepreneur kepada mahasiswanya adalah univeristas ciputra, yang mana pemiliknya sendiri juga adalah seorang entrepreneur

Memang sih untuk menjadi seorang entrepreneur bukan sesuatu yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa kita lakukan.

Banyak kok orang-orang yang sukses dalam menjalani kehidupan entrepreneurnya, yang paling penting adalah kemauan dan keuletan dalam mengelola usaha yang mereka buat.

Saya pernah berkonsultasi dengan guru saya yang kebetulan saya bertemu beliau pada suatu proses interview, beliau menceritakan perjalanan hidupnya dari mulai keluar mengajar di kampus sampai akhirnya sekarang menjadi seorang CEO sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan tenaga kesehatan bagi perusahaan-perusahaan minyak dan tambang.

Beliau memberikan resep bagaimana caranya agar sukses menjadi seorang entrepreneur seperti dia :

  1. Disiplin
  2. Komitmen

Yaaa…hanya dua itu saja resep yang diberikan oleh beliau…kemana modal dan segala tetek bengek nya membangun usaha??

Katanya lagi…”modal dalam membangun sebuah usaha memang penting, usaha tanpa modal sama aja mimpi, tetapi modal tanpa dibarengi disiplin, komitmen (kalo gw, gw tambahin lagi, keuletan, kerja keras dan sedikit nasib baik) sama aja bohong”

Dalam suatu usaha modal memang adalah salah satu syarat, namun modal itu adalah syarat yang mungkin syarat ke 20 (kata seorang teman sejawat).

Kita bisa saja punya modal yang banyak, namun klo pengelolaan modal tersebut tidak baik, maka akan habis begitu saja duitnya entah kemana.

Bagi saya sendiri, keinginan untuk menjadi seorang entrepreneur memang sudah ada cukup lama, apalagi saya memiliki beberapa teman dekat yang juga adalah seorang entrepreneur, meskipun mereka memang tidak memulai usahanya dari bawah banget juga.

Namun keberanian untuk melakukannya, keberanian untuk mengambil resikonya sampai sekarang belum saya miliki, rasanya masih takut gitu untuk merugi, padahal dalam dunia entrepreneur untung-rugi adalah hal yang biasa, sama seperti dalam sebuah pertandingan, dimana kalah dan menang adalah hal yang jamak terjadi (selain seri tentunya).

Sah..sah aja kok kalo kita pengen menjadi PNS (gw juga gak munafik pengen kok), namun apa salahnya kalo kita juga bisa menjadi seorang entrepreneur….kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain, yang otomatis kita bisa membantu negara kita tercinta ini dalam mengatasi masalah sulitnya pengadaan lapangan pekerjaan, dan yang paling penting adalah kita bisa mengatur waktu dan kehidupan kita semau kita….(that’s the most important for me)

No Responses to “ENTREPRENEUR WANNA BE…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: