Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

RESHUFFLE


Sudah hampir 2 minggu ini kita selalu mendengar kata-kata itu, baik di media cetak, maupun media pertelevisian dan radio.

 

Apa sih reshuffle itu? Kata salah seorang OB (office boy) di kantor saya dengan muka polos nya.

 

Saya bilang “reshuffle itu perombakan pak dalam bahasa Indonesia”

Perombakan? Apa nya yang di rombak ya pak? Tanya nya lagi, kok dihubung-hubungkan dengan presiden SBY ?

 

Saya pun akhirnya menjelaskan kepada dia lebih detail lagi tentang apa itu reshuffle….

”yaa jadi reshuffle itu adalah perombakan, nah dalam hal ini perombakan yang dilakukan presiden SBY terhadap jajaran kabinet dan menteri-menterinya” jawabku dengan pengetahuan ala kadarnya karena memang saya jarang mengikuti dunia perpolitikan di Indonesia yang makin kacau ini.

 

Owhh gitu ya ? Penting gak ya buat kita pak ? Kata si OB lagi.

 

“Yaa belum tau juga sih pak, kalo perombakan yang dilakukan baik dan membawa kesejahteraan kepada rakyat sih tentu sangat penting, tapi bila perombakan nya hanya untuk kepentingan golongan dan kelompok-kelompok tertentu saja, yaaa…mungkin gak baik pastinya buat kita” jawabku yang udah buru-buru mau keluar dari ruang pantry.

 

“Ahh tetep aja gak penting buat saya, mau SBY kek, mau siapa kek nanti yang jadi menteri nya, yang penting buat saya adalah dapur di rumah bisa ngebul dan anak bisa sekolah” kata sang OB pambil dia mencuci gelas.

 

Amieeen…semoga aja perombakan nya membawa sesuatu ya pak!! Kata saya menutup pembicaraan sambil menirukan gaya seorang penyanyi wanita yang lagi ngetrend saat ini.

Kemudian saya pun pamit sama OB itu, lalu berjalan menuju ruangan saya.

 

Selama dalam perjalanan saya berfikir……..

 

Apa sih guna nya reshuffle itu kalo tujuannya hanya untuk kepentingan segelintir golongan saja, padahal tujuan sebenarnya dari reshuffle itu adalah untuk perbaikan kinerja, untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, tapi apa jadinya kalo reshuffle itu hanyalah dijadikan suatu komoditas politik atau hanya bagi-bagi kekuasaan semata saja?

 

Kasian rakyat kecil seperti OB saya tadi itu, yang tidak tahu apa-apa, entah mungkin tidak tahu karena tidak punya televisi di rumah atau mungkin tidak tahu karena dia tidak bisa membaca koran? Walaupun salah satu tugasnya tiap pagi adalah membeli koran untuk manager saya,  atau mungkin juga tidak tahu karena memang dia tidak mau tahu?

 

Karena memang bagi mereka rakyat kecil yang paling penting adalah urusan dapur dan anak sekolah beres, gak peduli siapa presidennya, siapa menterinya, siapa jajaran kabinetnya, yang penting urusan dua itu terselesaikan.

 

Saya juga bukan orang yang terlalu peduli dengan panggung perpolitikan di Indonesia ini, namun harapan saya (dan mungkin juga harapan si OB dan semua orang di Indonesia ini) adalah semoga perubahan kali ini dan perubahan-perubahan yang mungkin masih akan terjadi pada bangsa ini di waktu yang akan datang adalah perubahan yang positif, adalah perubahan yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan rakyat.

 

Yaaahh…semoga saja menjadi sesuatu.

No Responses to “RESHUFFLE”

Leave a Reply

