Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Ayo Indonesia Bisa (SEA Games 26th Indonesia 2011)


Kita bisa, kita pasti bisa
Kita akan raih bintang-bintang
Kita bisa jadi yang terdepan

Kita bisa, kita pasti bisa
Kita akan raih bintang-bintang
Kita bisa jadi yang terdepan
Bersatu bersama dalam satu irama
Terbang meraih kejayaan, kita bisa!

Dengan dinyanyikannya lagu ciptaan Yovie Widianto setelah kata-kata penutup dari Wapres Boediono di Stadion Jakabaring Palembang pada malam tanggal 22 November 2011, maka berakhir lah sudah perhelatan olah raga terbesar se Asia Tenggara-SEA GAMES ke 26 di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang.

Berakhirlah sudah sorak sorai, suara tepukan dan genderang para supporter Indonesia yang fanatik serta ketegangan yang selalu hadir di setiap arena pertandingan.

Walaupun saya sendiri tidak dapat menyaksikan secara langsung setiap pertandingan, hanya beberapa pertandingan saja seperti bulu tangkis, voli dan sepak bola itupun juga hanya melalui layar kaca, namun tidak mengurangi rasa tegang dan serunya menonton pertandingan mereka.

Perhelatan yang berlangsung selama hampir 1 bulan ini, dari tanggal 11-22 November 2011 telah berhasil menempatkan Indonesia sebagai juara umum dengan perolehan total medali berjumlah 476 medali dengan rincian 182 emas, 151 perak dan 143 perunggu, belum lagi ditambah dengan dipecahkannya beberapa rekor SEA GAMES oleh para atlet-atlet Indonesia.

Walaupun dalam penyelenggaraan ini masih banyak ditemukan kekurangan, namun overall SEA GAMES kali ini sudah berjalan dengan baik.

Namun bagaimanapun kita harus bangga dan salut dengan perjuangan para atlet-atlet kita yang telah berjuang secara maksimal, baik yang mendapatkan medali, maupun yang tidak mendapatkan medali.

Kita juga harus berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungannya dengan luar biasa pada setiap even pertandingan yang dijalanin oleh para atlet kita.

Tanpa mengecilkan peran para atlet lain yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa, namun memang rasanya juara umum kali ini agak sedikit kurang rasanya dikarenakan gagalnya timnas U23 kita merebut medali emas dari negara tetangga kita yang berisik itu hehe….

Meskipun harus kita akui secara jujur bahwa keberhasilan kita menjadi juara umum kali ini juga terbantu dengan posisi kita sebagai tuan rumah, oleh karena itu, untuk membuktikan kalau kita bukan hanya jago kandang, maka SEA Games berikutnya di Myanmar tahun 2013 nanti kita harus membuktikan bahwa kita tidak hanya bisa menjadi juara ketika kita sebagai tuan rumah, apalagi kemungkinan nanti di Myanmar ada beberapa cabang olah raga yang menjadi pengumpul medali emas yang cukup banyak bagi Indonesia namun tidak dipertandingkan.

Untuk pemerintah, mari jadikan perhelatan SEA GAMES kali ini sebagai batu lompatan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi. Jangan hanya berhenti pada target level Asia Tenggara. Masih banyak ajang-ajang olah raga internasional lain lagi sepertei Ajang Asian Games tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan dan Olimpiade tahun 2012 juga harus dijadikan sebagai ajang pembuktian prestasi atlet-atlet kita yang sesungguhnya.

Sekarang boleh lah kita bersuka cita dulu sejenak, untuk bangsa Indonesia, nikmatilah status kita sebagai negara terbaik se ASEAN selama 2 tahun ini, dan untuk para atlet nikmatilah bonus yang kalian dapatkan, namun ingat pengunakan secara wajar dan jangan berfoya-foya dan berlebihan.

Salam Olahraga #AYO INDONESIA BISA!!!

No Responses to “Ayo Indonesia Bisa (SEA Games 26th Indonesia 2011)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: