Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pelatihan Pasien Safety


 

Pada tanggal 11-13 April 2012 saya dikirim dari rumah sakit tempat saya bekerja untuk mengikuti pelatihan pasien sefety yang diadakan oleh PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) dan KKPRS (Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit).

Berangkat dari RS MMC kuningan-Jakarta pada pukul 07.00 WIB, sempet telat juga sih (gara-gara saya dateng nya telat) jadi semua rombongan molor deh berangkatnya jadi jam 07.30 WIB.

Setelah sekitar 2 jam perjalanan, akhirnya saya dan rombongan sampai juga di Villa Alam Sari Puncak-Cipanas tempat diadakannya pelatihan.

Setelah check in dan registrasi ulang, maka semua rombongan pun mulai memasuki aula karena acara akan segera dimulai.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini sekitar 40-an orang, terdiri dari direktur RS, wakil direktur, kasie pelayanan medis, kepala UGD, sampai perawat, bidan dan sanitarian dari beberapa rumah sakit di seluruh Indonesia, seperti dari Kalimantan Timur dan Barat, Sumatera Barat, Makassar, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta ikut serta dalam pelatihan ini.

Selanjutnya lalu kami dibagi-bagi dalam 6 kelompok diskusi, saya satu kelompok dengan para dokter-dokter yang berasal dari RS Azra Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RSUD Cengkareng, RS Kariadi Semarang, RSIA Budhi Jaya Jakarta dan RS PPTK.

Meskipun kelompok saya kebanyakan terdiri dari orang tua, namun karena semua anggota-anggota nya asyik-asyik, jadi pelatihan yang berlangsung selama 3 hari jadi menyenangkan.

Hari pertama pelatihan

Setelah pre test lalu dilanjutkan dengan materi-materi dari para sesepuh PERSI dan KKPRS seperti dr. Nico A. Lumenta dan dr. Adib A. Yahya, meskipun materi pelatihannya cukup berat, namun karena dibawakan oleh para konsultan-konsultan pasien safety, materi yang berat itu menjadi lebih ringan dan menyenangkan (intinya selama materi saya gak ngantuk deh hehe..).

Hari pertama pelatihan berlangsung hingga jam 18.30 WIB, setelah itu dilanjutkan dengan makan malam dan istirahat di kamar masing-masing.

Kebetulan saya sekamar dengan dr. Ardhi yang tak lain adalah junior saya di Fakultas kedokteran, jadinya gak terlalu sungkan untuk ngobrol-ngobrol.

Hari kedua pelatihan

Dimulai dengan sarapan pagi bersama, lalu dilanjutkan dengan materi yang lebih berat lagi yang dibawakan oleh dr. Arjaty semisal bagaimana sistem pelaporan bila ada insiden di RS, analisis komprehensiv atau analisis akar masalah (RCA), simple investigation dan terakhir Healthcare Mode Effect and Analysis (HFMEA), pokoknya kaya pas public health banget deh.

Akibat berat dan rumitnya materi, alhasil pelatihan hari kedua ini pun berlangsung sampai jam 21.30 WIB, dimana materi terakhir yang berisi tentang alat-alat kesehatan yang memenuhi standar keselamatan pasien (safety device) dibawakan oleh dr. A. Samhari Baswedan.

Acara pun ditutup dengan makan jagung manis, bajigur, ubi cilembu dan kacang kapri sambil menikmati dinginnya udara puncak yang makin dingin karena hujan mulai turun

Hari ketiga pelatihan

Setelah sarapan pagi, selanjutnya diadakan post test, lalu dilanjutkan dengan matreri terakhir tentang Akreditasi Keselamatan Pasien oleh dr. Robby T. Sp.Rad.

Setelah selesai materi acara pun ditutup dengan foto-foto bersama dengan semua peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Setelah check out dan solat Jum’at pun akhirnya semua rombongan satu persatu meninggalkan lokasi pelatihan, namun tidak semua peserta pelatihan ikut bareng dalam satu bis dengan rombongan yang berasal dari RS MMC, ada beberapa peserta juga yang menggunakan kendaraan pribadi.

Akhirnya sampai di RS MMC lagi sekitar jam 16.00 WIB.

Yaah selesai deh jalan-jalan di puncak nya, kembali bekerja dan kembali ke rutinitas sehari-hari di RS.

Sampai bertemu lagi teman-teman sejawat dari seluruh Indonesia

(last day)

 

(suasana Pelatihan)

 

(beberapa sudut Villa Alam Asri)

One Response to “Pelatihan Pasien Safety”

  1. salam safety buat semua


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: