Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

BANJIR JAKARTA


 banjir

 

Jakarta kembali terendam banjir, sejak senin kemarin (14 Januari 2013) ibu kota negara tercinta kita ini mengalami musibah yang selalu datang tiap tahun namun tidak pernah terselesaikan.

3 kata yang selama ini selalu melekat di dengan nama Jakarta, yaitu macet, banjir, dan kumuh.

Yap, harus kita akui memang, bahwa Jakarta memang melekat dengan ketiga kata tersebut, dan lebih parah nya lagi, ketiga kata-kata tersebut amat sangat berkaitan.

Banyaknya pemukiman kumuh di Jakarta menyebabkan daerah bantaran sungai paling besar di kota ini, yaitu sungai ciliwung menjadi menyempit sehingga dapat menyebabkan banjir.

Meskipun banjir sendiri tidak hanya disebabkan oleh penyempitan sungai, sebenarnya  masih banyak hal-hal lain yang bisa menyebabkannya, seperti perilaku buruk masyarakat kota metropolitan ini yang katanya beradab, namun masih saja membuang sampah sembarangan, kemudian pengambilalihan lahan-lahan resapan air untuk dijadikan gedung-gedung perkantoran, dan tentu saja fasilitas drainase air yang kurang yang lagi-lagi masalahnya disebabkan oleh sampah dan pembangunan yang tidak memperhatikan tata lingkungan, dan tentunya karena kondisi cuaca yang ekstrim akibat pemanasan global yang melanda seluruh dunia.

Timbulnya banjir, maka sudah pasti akan timbullah kemacetan panjang selama ber jam-jam, seperti sudah ditakdirkan selalu bersama, banjir dan macet adalah kawan akrab, dimana ada banjir, disekitar banjir itu pulalah terjadi kemacetan, dan akibatnya adalah pemborosan bahan bakar, aktivitas bisnis otomatis akan terganggu sehingga dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit, terutama di kalangan pengusaha.

Memang berdasarkan letak geografis, posisi Jakarta ini lebih banyak berada di bawah permukaan laut, karena alasan itu pula para ahli mengatakan bahwa Jakarta tidak akan pernah bisa bebas dari yang namanya banjir, namun bukan manusia namanya kalau hanya pasrah dengan keadaan alam, sebab bagaimanapun juga spesies manusia bisa bertahan hidup sampai sekarang dikarenakan mereka mampu mengatasi tantangan  dari alam.

Belanda saja yang seluruh negaranya berada di bawah permukaan air laut mampu mengatasi permasalahan alam di negara nya, dengan cara mereka membangun kanal-kanal mengelilingi kota-kota mereka sebagai sistem drainase, bahkan kanal-kanal tersebut dapat memberikan keuntungan tambahan lagi, yaitu sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air dengan menggunakan kincir angin, oleh karena itu negeri Belanda sering kita sebut juga sebagai negeri kincir angin, karena banyaknya kincir angin di negara tersebut.

Sekarang nasi sudah menjadi bubur, gubernur DKI Jakarta sudah menetapkan Jakarta dalam situasi darurat banjir selama 9 hari, yang dapat kita lakukan sekarang adalah tinggal menolong para saudara-saudara kita yang masih terjebak banjir dan mencegah agar banjir tidak semakin membesar.

Untuk penanganan jangka panjang nya mungkin kita serahkan saja kepada pemprof DKI Jakarta untuk membenahi sistem drainase di kota ini, seperti memperbaiki tanggul-tanggul yang jebol, membersihkan gorong-gorong, memperlebar sungai ciliwung, meningkatkan area resapan air, dan tentu saja berkoordinasi dengan wilayah lain, terutama Bogor, Puncak, Tanggerang dan Bekasi dalam mencegah banjir terjadi lagi tahun depan.

Dan yang paling penting dari pencegahan banjir yang akan datang, tentu saja adalah dengan perubahan perilaku dari masyarakat Jakarta itu sendiri, salah satunya dengan cara jangan membuang sampah sembarangan.

Memang kita tidak akan dapat mencegah semua wilayah Jakarta bebas banjir, karena seperti yang sudah saya bilang tadi, wilayah Jakarta banyak yang berada di bawah permukaan laut (dpl), apalagi dalam kondisi cuaca ekstrim begini, namun kita dapat mencegahnya menjadi lebih buruk di tahun-tahun yang akan datang.

Semoga kelak Jakarta menjadi lebih baik…amieeenn

 

 

 

 

No Responses to “BANJIR JAKARTA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: