Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

VASEKTOMI TANPA PISAU


Pertambahan penduduk yang berlebihan memang merupakan suatu masalah yang sangat sulit untuk dicegah, terutama di negara-negara berkembang, salah satu penyebabnya sulitnya program keluarga berencana ( 2 anak cukup ) di Indonesia ini adalah karena kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk menggunakan kontrasepsi.

Berbagai mitos dan anggapan yang beredar di masyarakat menyebabkan penggunaan kontrasepsi menjadi suatu momok yang menakutkan, seperti dengan menggunakan kontrasepsi pil bisa menyebabkan kegemukan atau muka menjadi jerawatan, atau jika menggunakan kondom kurang nikmat lah berhubungan nya dan lain sebagai nya.

Apalagi selama ini penggunaan kontrasepsi selalu melekat hanya kepada wanita saja, seperti dengan menggunakan pil, suntik, implan, IUD ataupun tubektomi, hanya kondomlah alat kontrasepsi yang terkenal di kalangan laki-laki.

Padahal untuk mensukseskan program keluarga berencana harus dilakukan secara menyeluruh, dalam artian bahwa suami dan istri harus saling bekerja sama dalam mewujudkan tujuan BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional), yaitu keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Vasektomi adalah salah satu metode kontrasepsi jangka panjang yang saat ini sedang digalakkan oleh BKKBN, vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan cara memotong saluran spermatozoa laki-laki (vas deverens), sehingga menyebabkan sel kelamin laki-laki (spermatozoa) tidak dapat keluar pada saat puncak senggama (ejakulasi).

Namun semangat BKKBN dalam menerapkan metode ini tidak dibarengin dengan animo masyarakat untuk menggunakannya, lagi-lagi mitos-mitos yang muncul di masyarakatlah yang menyebabkan berkurangnya minat para pria untuk melakukan vasektomi, seperti misalnya apabila dilakukan vasektomi maka libido atau hasrat seksual akan menurun, bisa menyebabkan impoten atau yang lebih parah lagi adalah menyamakan  vasektomi dengan kebiri.

Saya sendiri sebagai salah satu dari sekian banyak operator vasektomi tanpa pisau di Indonesia sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seperti yang saya tulis tadi dari para pasien pada saat saya melakukan konseling yang selalu saya lakukan sebelum melakukan tindakan vasektomi

Vasektomi bukan kebiri, karena vasektomi hanya memotong saluran spermatozoa saja, bukan seperti kebiri yang dilakukan dengan memotong penis laki-laki, vasektomi juga tidak menyebabkan berkurangnya libido dan impotensi, karena libido dan impotensi dipengaruhi oleh rangsangan seksual, persyarafan dan berbagai macam penyakit seperti diabetes mellitus (DM) atau hipertensi.

Saat ini sudah ada metode vasektomi sederhana, yaitu vasektomi tanpa pisau (VTP), suatu tekhnik vasektomi yang sangat sederhana, tidak menggunakan pisau bedah, tidak perlu anestesi (pembiusan) umum, hanya cukup anestesi lokal saja, sama seperti sirkumsisi (sunat), luka tindakan yang lebih kecil, waktu penyembuhan yang lebih singkat, perawatan luka yang sederhana dan komplikasi yang lebih sedikit.

Diharapkan dengan penyederhanaan tekhnik tersebut dapat meningkatkan minat para pria yang merasa sudah cukup memiliki anak dan sudah tidak ingin menambah anak lagi untuk ikut berpartisipasi dalam program keluarga berencana.

BKKBN saat ini mempunyai program KB gratis untuk lebih meningkatkan lagi partisipasi masyarakat dalam menggunakan kontrasepsi, hanya dengan melampirkan fotocopy KTP saja, maka di RS tempat saya bekerja (RSIA AULIA-Jl. Jeruk Raya no. 15, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 7866057/7270208), maka para akseptor akan mendapatkan pelayanan KB gratis, mulai dari kondom sampai tubektomi atau vasektomi, semuanya gratis ditanggung oleh BKKBN.

Semoga dengan semua program dan metode-metode kontrasepsi yang dibuat oleh BKKBN dapat mencegah ledakan jumlah penduduk Indonesia di masa yang akan datang.

Image

Suasana konseling pada saat vasektomi masal di RSIA Aulia

DSC01287

DSC01293

IMG00062-20120315-0935

Tindakan vasektomi tanpa pisau

7 Responses to “VASEKTOMI TANPA PISAU”

  1. good news..syarat ktp saja ya?, tks

  2. boleh ikutan saya di bogorr?

  3. kalau masih bujangan 45 tahun, boleh ikut vasektomi di bogor?

    yadi
    085790800000

  4. Maaf mau tanya Kalau alamat KTP saya berada di daerah tangerang , boleh tidak ikutan Vasektomi di BKKBN Jagakarsa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: