Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

New Era


Hebohnya berita kekalahan Barcelona dan Real Madrid dari Bayern Munchen dan Borussia Dortmund beberapa hari terakhir ini membuat gw tertarik untuk membahasnya.

Terutama kekalahan Barca ya (sebutan untuk Barcelona), kekalahan barca dari munchen sepertinya benar-benar suatu aib bagi tim catalan tersebut, media beramai-ramai membahas kenapa ataupun apa sebab dan musababnya barca sampai kalah dari munchen?

Memang barca begitu superior dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, terbukti dari 3 piala champion yang sudah mereka dapatkan selama kurun waktu tersebut, dan efek dari superior nya barca pun berimbas kepada timnas sepakbola Spanyol yang juga menguasai dunia dalam 6 tahun terakhir, mereka pun dapat menyandingkan gelar Piala Dunia 2010 & Piala Eropa 2012.

Sepakbola tidak bisa lepas dari yang namanya kompetisi, dan dalam kompetisi pastinya ada yang kalah dan ada yang menang, itu hal yang wajar kan?

Apa karena barca yang sangat superior dalam 10 tahun terakhir, sehingga gak boleh kalah?

Padahal tim barclona juga berisi manusia-manusia biasa, yaahh walaupun mereka memiliki skill sepakbola diatas rata-rata manusia lain, namun yang dimaksud disini adalah bahwa manusia pun ada batasnya, dan itu wajar.

Menilik dari perjalanan olah raga sepakbola sendiri, maka ada yang disebut namanya era atau masa, seperti dulu era nya dream team AC Milan sekitar 1980-1990an.

Nah sekarang mungkin adalah era nya barca dengan gaya permainan khas mereka yaitu “tiki-taka”, gaya bermain yang mengandalkan kemampuan skill olah bola dan akurasi operan pendek tingkat tinggi, sehingga mampu menguasai permainan (ball Possesion) dan mendikte lawan.

Dan hebatnya lagi, tidak ada satupun tim yang bisa bermain tiki-taka sehebat barca, bahkan madrid, Manchester United, Milan maupun munchen.

Namun, yang namanya masa pasti cepat atau lambat akan berakhir, mungkin saat ini kita harus bersiap-siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada era barca dengan tiki-taka ya.

Begitupun juga para pemain, kelak masa keemasan mereka juga akan berakhir. Biasanya untuk olahragawan usia keemasan mereka adalah antara 20-30 tahun, diatas 30 tahun hampir bisa dipastikan maka stamina maupun skilll mereka akan mulai berkurang, walaupun memang ada juga beberapa bintang sepakbola yang masih mampu bermain dengan baik diatas usia 30 tahun.

Gue sebagai penikmat sepakbola dunia berterima kasih kepada barca yang sudah menciptakan teknik bermain bola yang luar biasa, dan akan selalu dikenang dalam sejarah persepakbolaan dunia.

semoga kelak akan muncul era baru, era baru dengan teknik ataupun formasi yang lebih brilian atau bahkan juga bakat-bakat yang lebih hebat dari pemain-pemain barca sekarang.

Gue sendiri bukan fans dari barca, cuma gue heran aja dengan pemberitaan media masa yang segitu hebohnya kalau barca kalah…hey it’s normal to be win or lose.

Akhir kata gue berharap semoga sepakbola Indonesia bisa mendapatkan era nya, era yang sangat dinanti-nantikan oleh segenap bangsa ini….amien

No Responses to “New Era”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: