Welcome To My Blog
Assalamualaikum Wr. Wb.

Road To Toba Lake

Tanggal 28-31 Mei kemarin gw berkesempatan diajak oleh teman-teman di BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) untuk jalan-jalan ke Sumatera Utara, tepatnya ke Medan, Brastagi, Danau Toba dan tentu saja pulau Samosir.

Pada tulisan kali ini gw akan mencoba menceritakan tentang perjalanan seru gw selama 4 hari disana.

28 may 2013-Day 1, Soekarno-Hatta International Airport

Jam 03.00 dini hari tepat gw dijemput dari rumah gw menuju bandara Soekarno-Hatta, gileee…pagi-pagi bener dah, padahal pesawat Garuda Indonesia yang akan gw tumpangi rencananya take off jam 05.45 WIB, alhasil gw dari jam 02.00 udah bangun terus mandi dan beres-beres.

Sampai d bandara sekitar jam 04.00 WIB, dan ternyata rombongan yang lain yang berjumlah 29 orang udah pada ngumpul disana, langsung deh gw check in, terus nunggu solat subuh di Musholla di bandara.

Tepat jam 05.45 WIB gw pun take off  menuju Medan

Jam 08.00 WIB  gw sampe di bandara Polonia Medan, kemudian dijemput oleh perwakilan dari kantor BKKBN Sumatera Utara, selanjutnya kami menuju kantor BKKBN Sumatera Utara.

Disana kemudian diadakan penyambutan sederhana, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari pimpinan dari BKKBN Sumatera Utara, lalu dilanjutkan oleh paparan dari kepala rombongan kami.

Setelah materi selesai, lalu kami bersiap-siap untuk melanjutkan kunjungan lagi. Rombongan dibagi dalam 2 kelompok, kelompok 1 menuju RS. Adam Malik, dan rombongan 2 menuju Kabupaten Deli Serdang.

Kebetulan gw ikut dalam rombongan 1 menuju RS. Adam Malik Medan.

Sekitar 2 jam gw dan rombongan disana tanya-tanya sana sini, foto-foto, lalu setelah selesai kami mencari tempat makan siang, lalu segera menuju Hotel Asean tempat kami menginap.

foto-foto dulu di depan RS. Adam Malik Medan

29 May 2013-Day 2, Road To Parapat

Sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan pada saat makan malam kemarin, kami pun sudah mulai berkumpul di ruang makan untuk sarapan pada pukul 06.00 WIB, untuk kemudian pada jam 07.00 WIB kami akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis.

Setelah selesai makan, kemudian check out setelah itu semua anggota rombongan segera menaiki bis , dan dimulailah perjalanan panjang menuju Parapat.

10.00 WIB

Transit sebentar di sebuah tempat yang bernama Taman Lumbini. Taman Lumbini sendiri adalah sebuah tempat ibadah untuk umat Budha (wihara) yang sangat besar, berwarna kuning keemasan dan dikelilingi oleh taman yang indah, pokok nya kaya wihara-wihara di Thailand deh, beberapa temen gw ketika gw update pict blackberry gw juga menyangka gw sedang berada di Thailand.

ini nih wihara nya…kaya di Thailand kan?? hehe..

11.10 WIB

Sampailah kita di Kota Marqisa, Brastagi

Ibarat kata, Brastagi ini adalah puncaknya Medan, udaranya lumayan dingin, walaupun di siang hari bolong. Puas foto-fotoi, kami pun makan siang sebentar, dan perjalanan pun dilanjutkan kembali.

latar belakang adalah gunung Sibayak

bukit Gundaling Brastagi

14.00 WIB

Kami mulai memasuki kabupaten Simalungun, tepatnya di sebuah tempat wisata dimana kita bisa melihat Danau Toba dan air terjun Sipiso-piso (gw lupa nama tempatnya apa).

Foto-foto sebentar, lalu langsung capcus lagi.

air terjun Sipiso-piso

udah mulai keliatan tuh Danau Toba nya

16.30 WIB

Rombongan istirahat lagi, di sebuah tempat yang bernama Simarjarunjung, dari tadi transit melulu ya, memang direncanakan seperti itu, kami memang sengaja memilih jalur yang agak jauh menuju Danau Toba, karena memang berencana untuk mampir-mampir ke beberapa objek wisata.

Di Simarjarunjung kami mencoba minuman bandrek dan pisang goreng khas daerah situ untuk sedikit menghangat kan badan, karena selain udara yang dingin, hujan pun sudah mulai turun.

18.00 WIB

Sampailah kami di kota terbesar di pinggir Danau Toba, Parapat.

Di kota ini, kami menginap di hotel yang bernama Hotel Niagara, hotelnya berada di puncak bukit dan menghadap langsung ke Danau Toba, otomatis pemandangan dari depan kamar gw pun sangat indah.

Sunset @ Danau toba

Setelah beres-beres kami pun lalu bersiap-siap untuk makan malam di Parapat..

30 May 2013-Day 3, Samosir Island

Sama seperti kemarin, jam 6 pagi kami sudah diharuskan kumpul di ruang makan hotel, karena hari ini kita akan menyeberang ke pulau Samosir.

Jam 8 pagi kapal ferry yang kami naiki pun mulai bergerak menuju Samosir, wuiiiiihh…bener-bener Indah deh pemandangan di sekitar Danau Toba…thank’s God I’m here

kapalnya nih

Setelah 1 jam perjalanan, kami pun sampai di sebuah tempat yang bernama Ambarita, disini kami mengunjungi perkampungan batak dan membeli beberapa cinderamata setempat.

Batak Village @ Ambarita

Setelah puas foto-foto dan melihat-lihat, kami pun melanjutkan perjalanan kembali menuju perkampungan batak yang lain.

Di perkampungan batak yang ke 2 ini, kami disuguhi tarian-tarian adat batak, termasuk tarian boneka Sigale-gale yang terkenal itu, sempet juga gw ikut-ikutan nari bersama dengan penari nya.

mari menari…Horas..horas..horas

Sigale-gale puppet dance

12.30 WIB

Laperrrr….kami pun menuju sebuah pulau yang terletak di utara pulau Samosir, yaitu pulau Tao (honeymoon Island) kenapa disebut begitu, konon pada zaman dahulu kala bila pasangan suami istri batak belum juga punya anak, maka mereka akan pergi ke pulau itu dan berdoa semoga cepat diberi momongan (sumber: Tour guide rombongan), untuk di ketahui, di pulau kecil ini hanya terdapat sebuah rumah makan saja, gak ada tempat wisata yang lain.

lunch @ Tao Island

Selesai makan, kami melanjutkan perjalanan lagi menuju perkampungan terbesar di Pulau Samosir, yaitu Tomok, untuk mengunjungi situs makam Raja Sidabutar. Tomok ini lumayan rame dibanding beberapa tempat yang tadi kami kunjungi, pasar yang menjual cinderamata nya pun lebih banyak dibanding di ambarita, dan so pasti harganya pun bisa sedikit lebih murah dibanding disana, tentu saja asalkan kita pandai-pandai menawar.

makam raja Sidabutar @ Tomok

Puas belanja dan (lagi-lagi) foto-foto, kami pun berencana untuk kembali lagi ke hotel, sempet mampir sebentar di sebuah situs yang bernama Batu Gantung, yang konon ceritanya berasal dari sebuah gadis yang menolak dijodohkan dan berniat untuk bunuh diri di Danau Toba, dan menjadi asal muasal dari nama Parapat.

Batu Gantung

16.40 WIB

Rombongan kembali mendarat di Pulau Sumatera, Jalan-jalan sebentar di sekitaran kota Parapat, sempet juga mampir di rumah tempat pembuangan presiden pertama kita Ir. Soekarno, waktu dia dibuang oleh Belanda dulu, setelah itu kami makan malam, lalu kembali ke hotel untuk beristirahat… huft what a hard day.

rumah bung karno…berandanya langsung menghadap Danau Toba

31 May 2013-Day 4, Polonia Airport Medan

Lagi-lagi jam 6 pagi kami harus sudah kumpul di ruang makan, kali ini gak bisa telat-telat sedikit, karena kita harus sudah sampai di bandara Polonia pada jam 3 sore untuk check in, jadwal pesawat kita jam 16.40 WIB, dan perjalanan dari Parapat menuju Medan melalui Pematang siantar membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Jam 07.00 WIB bis kami pun mulai meninggalkan hotel, hiks..hiks.. bye bye Danau Toba, mudah-mudahan suatu saat gw bisa kesana lagi…amien

12.30 WIB

Istirahat sebentar untuk solat jumat dan makan siang di kabupaten Deli Serdang

15.15 WIB

Kami pun sampai di bandara Polonia Medan, Check in, and fly away to Jakarta

19.00 WIB

Touchdown….Jakarta

Walaupun Danau Toba Indah dan sejuk, namun pada akhirnya gw tetep harus kembali ke kota ini dan mengucapkan “Jakarta I miss youuuuu……….”

No Responses to “Road To Toba Lake”